Quartararo Juara Dunia di Misano Jika Posisi Finisnya Begini

0
3971
Quartararo Juara Dunia di Misano Jika Posisi Finisnya Begini
Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) vs Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) Race MotoGP Misano, San Marino 2021 / runganSport © MotoGP.

Fabio Quartararo akan mengunci gelar juara dunia 2021 di MotoGP Emilia Romagna jika salah satu skenario ini terjadi.

Misano, runganSport — Dengan keunggulan 52 poin di papan klasemen, bintang Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo akan dinobatkan sebagai juara dunia untuk pertama kalinya pada balapan MotoGP berikutnya di Misano, jika hasil balapan berakhir seperti salah satu skenario berikut.

Sebelumnya, Quartararo memenangkan dua gelar juara dunia CEV berturut-turut pada tahun 2013 dan 2014 (Kejuaraan dunia Moto3 junior hari ini), tapi ketika masuk ke balapan Grand Prix, ia jauh dari harapan meskipun dua posisi podium di musim debutnya.

Tidak sampai tahun kedua Moto2 2018 kemenangan GP pertamanya terjadi (yang kedua dibatalkan karena tekanan ban yang tidak mencukupi).

Remaja Prancis itu baru benar-benar mekar dengan promosinya ke kelas utama musim MotoGP 2019.

Tujuh podium di tahun rookie dan tiga kemenangan GP di tahun berikunya adalah pertanda nyata dari kinerja luar biasanya.

Dengan sejauh musim 2021 ini berjalan telah naik podium sebanyak sepuluh kali, termasuk lima kemenangan diantaranya.

“El Diablo” terhitung hanya satu kali tidak finis 10 besar, yakni ketika finis ke-13 di Jerez, saat itu dia mengalami masalah arm-pump.

Sekarang, dengan tiga seri tersisa, Quartararo unggul 52 poin dari satu-satunya saingan gelar yang tersisa, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

Quartararo akan mendapat kesempatan pertama mengunci gelar juara dunia di Misano nanti jika salah satu skenario yang disusun Speedweek ini terjadi:

  • Quartararo menang atau melewati garis finis di depan Bagnaia.
  • Quartararo finis kelima dan Bagnaia tidak finis di 3 besar.
  • Quartararo finis keenam atau ketujuh dan Bagnaia tidak finis posisi kelima.
  • Quartararo finis antara 8 dan 15 dan Bagnaia finis paling maksimal dua posisi di depannya.
  • Untuk pertama kalinya musim ini Quartararo tidak mencetak poin dan Bagnaia tidak melewati posisi ke-14.
  • Jika Bagnaia mengulangi kemenangan kandang di Misano, maka gelar masih belum terkunci. Quartararo sudah cukup menjadi juara dunia jika dalam tiga balapan terakhir
    hanya finis kedelapan – apapun hasil Bagnaia.

Baca: Gosip: Raul Fernandez Batal ke KTM, Gabung Tim Razali Nadia Farouk Racing Yamaha

Jika pembalap Prancis itu menjadi juara dunia untuk pertama kalinya, ia akan melakukan hal yang sama seperti 15 pemegang gelar lainnya yang juga langsung merebut mahkota di “kelas utama” tanpa gelar juara sebelumnya di kelas kejuaraan dunia yang lebih rendah: Umberto Masetti, Libero Liberati, Barry Sheene, Marco Lucchinelli, Franco Uncini, Kenny Roberts, Freddie Spencer, Eddie Lawson, Wayne Gardner, Wayne Rainey, Kevin Schwantz, Mick Doohan, Kenny Roberts Jr., Nicky Hayden dan Casey Stoner. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here