Home MotoGP Rahasia Kemenangan Binder di Ceko, Skill Ngerem ‘Tingkat Dewa’

Rahasia Kemenangan Binder di Ceko, Skill Ngerem ‘Tingkat Dewa’

Rahasia Kemenangan Binder di Ceko, Skill Ngerem 'Tingkat Dewa'
Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) Race MotoGP Brno, Ceko 2020 / runganSport © Gold and Goose/Motorsport Images.

Brad Binder unggul dalam hal grip dalam balapan MotoGP Ceko, ia juga punya kemampuan mengerem sangat terlambat di mulut tikungan.

Brno, runganSport — Pembalap rookie asal Afrika Selatan, Brad Binder tampil mengejutkan di MotoGP Ceko, Minggu (9/8) akhir pekan.

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing itu menyabet kemenangan perdana di kelas utama hanya di balapan ketiga, ketika ia mengalahkan Franco Morbidelli dan Johann Zarco dalam balapan 21 lap di Brno.

Memulai balapan dari posisi start ketujuh, tak ada yang menyangka jika seorang pendatang baru langsung bisa unjuk gigi, lalu menang yang terlihat sangat gampak sekali.

Lalu apa rahasianya?

“Hari ini adalah hari paling menakjubkan dalam hidup saya sejauh ini. Ini hari yang saya impikan sebagai seorang anak,” ucap Binder bahagia usai balapan berlangsung, seagaimana dimuat Speedweek.

“Saat balapan berlangsung, saya sadar bahwa saya lebih kuat darinya (Morbidelli), jadi saya menyerang dan melewatinya.

Dan ketika saya menyusul Morbidelli, saya melihat bahwa saya unggul dalam hal grip. Jadi saya menunggu dan kemudian saya melakukan manuver menyalip.

Saya pikir mungkin seseorang akan melewati saya dari belakang dalam dua atau tiga lap terakhir. Karena kecepatan saya menjadi lebih lambat secara tiba-tiba, tapi tampaknya seperti itu untuk semua pembalap. Saya mendorong sangat keras dalam tiga lap terakhir,” jelasnya menambahkan.

Kemenangan ini jelas membuat KTM sangat senang dan bersemangat.

Binder yang benar-benar pemberani dan tangguh menunjukkan semangat juang yang luar biasa dalam balapan kali ini, ia memainkan kemampuan mengerem yang sangat terlambat dengan cerdik.

“Binder adalah jagoan yang sangat keren, dia melakukannya dengan sangat mudah dan menyenangkan, dan dia sangat senang di lintasan,” puji bos Pit Beirer.

“Dia menyadari bahwa itu berhasil. Dan kami mencoba meyakinkannya itu. Kami berkata, ‘Brad, momenmu akan tiba.’ Kami curiga akan tiba saatnya dia bisa menyerang. Dan sejauh itulah tepatnya di sini hari ini.

Motor kami jelas menjadi lebih baik. Jika kami bisa sukses di sirkuit bergelombang ini dengan sedikit cengkeraman, itu juga harus berhasil di sirkuit lain,” demikian Beirer.

Soal kemampuan mengerem yang menakjubkan dari Binder, hal ini pernah disinggung oleh CEO KTM jauh hari sebelum ia naik ke MotoGP.

“Binder adalah ‘dewa’ mengerem, ia sangat jago dalam hal tersebut,” kata Stefan Pierer dalam berita yang dimuat Speedweek tahun lalu.

Baca: Rookie Binder Guncang MotoGP Ceko 2020

Binder memenangi balapan dengan keunggulan +5,266 detik dari pembalap terdekat. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here