Home MotoGP Rentetan Angka-angka dan Rekor Menakjubkan Marquez

Rentetan Angka-angka dan Rekor Menakjubkan Marquez

Rentetan Angka-angka dan Rekor Menakjubkan Marquez
Marc Marquez (Repsol Honda) Race MotoGP Buriram, Thailand 2019 / runganSport © MotoGP.

Jago di lintasan balap, membuat nama Marc Marquez semakin mentereng dalam buku rekor-rekor Grand Prix, apa saja?

Buriram, runganSport — Pembalap muda asal Spanyol, Marc Marquez hadir di MotoGP sebagai masalah bagi seluruh pembalap, termasuk para pembalap jago yang sudah lebih dulu berlaga di kelas utama.

Debut pada musim 2013 silam, anak Cervera itu hanya gagal pada 2015, selebihnya ia tuntaskan musim sebagai juara dunia.

Tak hanya itu, dalam perjalanan panjang karirnya yang begitu menawan, Marquez telah mencatatkan dan memecahkan banyak rekor di sana-sini.

Pekan lalu, Minggu (6/10) di MotoGP Thailand, ia menyegel gelar juara dunia 2019 sebelum final Valencia.

Ini merupakan gelar ke delapannya di semua kelas dan berikut angka-angka fantastis yang menghiasi pencapaian #MM93.

#2: Pada usia 26 tahun dan 168 hari, ia adalah pembalap termuda kedua yang mencapai tonggak 50 kemenangan kelas utama, di belakang Valentino Rossi, yang mencapai ini pada usia 26 tahun 165 hari.

#5: Marquez telah memenangkan setidaknya lima balapan per musim selama sepuluh tahun terakhir, dalam tiga kategori berbeda: 125cc, Moto2 ™ dan MotoGP ™, mengalahkan rekornya sendiri selama dua tahun terakhir. Sebelumnya, Mike Hailwood adalah satu-satunya pembalap yang mencapai setidaknya lima kemenangan per musim selama tujuh tahun, setidaknya di tiga kelas, antara tahun 1961 dan 1967.

#5: Marquez telah memenangkan setidaknya lima balapan per musim (di setiap kelas balap GP) selama sepuluh tahun terakhir, menyamai rekor yang dibuat oleh Giacomo Agostini antara tahun 1966 dan 1975 di kelas 350cc dan 500cc.

#5: Marquez telah memenangkan semua gelar MotoGP dengan motor Honda dan berada di atas Mick Doohan sebagai pembalap dengan gelar kelas paling utama dengan pabrikan Jepang (5).

#6: Marquez bergabung dengan Valentino Rossi dan Giacomo Agostini sebagai satu dari hanya tiga pembalap yang mendapat enam atau lebih gelar juara dunia kelas utama.

#7: Khusus kelas utama, Marquez telah memenangkan setidaknya lima balapan per musim selama tujuh tahun terakhir, mengalahkan rekor yang ditetapkan oleh Valentino Rossi (2001-2006) dan Giacomo Agostini (1967-1972), yang masing-masing memenangkan setidaknya lima seri balapan selama enam musim berturut-turut.

#8: Marquez juga menjadi pembalap termuda sepanjang masa yang mencapai tonggak delapan gelar juara dunia, mencatat rekor dari Mike Hailwood, yang berusia 27 tahun dan 112 hari ketika ia memenangkan gelar kedelapannya, gekar 19cc 350cc, di Brno .

#8: Marquez adalah satu dari hanya enam pembalap yang meraih delapan atau lebih gelar juara di semua kelas, yang lainnya adalah Carlo Ubbiali (9), Mike Hailwood (9), Valentino Rossi (9), Angel Nieto (13) dan Giacomo Agostini (15)

#8: Marquez telah memenangkan setidaknya delapan balapan selama lima musim yang berbeda (di setiap kelas balap GP), menyamai Giacomo Agostini dan Angel Nieto. Hanya Valentino Rossi yang lebih baik, dengan setidaknya delapan kemenangan dalam delapan musim berbeda.

#9: Perhitungan sembilan posisi Pole Marquez saat ini memperpanjang rekor pole sepanjang masa (di era modern (sejak 1974) ketika Pole dicatat secara resmi) menjadi 89 Pole luar biasa di ketiga kelas.

#13: Musim ini Marquez telah memenangkan lebih banyak balapan MotoGP dari pada pembalap lain (8). Dia juga mencetak podium terbanyak (13) dan posisi pole terbanyak (9).

#13: Hanya satu pembalap Spanyol yang memenangkan lebih banyak gelar juara dunia dari Marquez: Angel Nieto, yang memenangkan 13 gelar juara dunia (tujuh di kelas 125cc dan enam di kelas 50cc) antara 1969 dan 1984.

#26: Marc Marquez adalah pembalap termuda yang pernah memenangkan enam gelar kelas utama, pada usia 26 tahun dan 231 hari, memecahkan rekor dari Giacomo Agostini, yang berusia 29 tahun dan 25 hari ketika ia memenangkan gelar kelas utama keenamnya di 1971 GP Jerman Timur.

#50: Kemenangan Marquez di GP Ceko adalah yang ke-50 sejak ia naik ke kelas utama pada 2013, menjadikannya pembalap keempat yang mencapai tonggak 50 kemenangan kelas utama bersama dengan Valentino Rossi (89 kemenangan), Giacomo Agostini ( 68) dan Mick Doohan (54).

#76: Kemenangan Marquez di GP Ceko adalah yang ke-76 dalam karirnya di Grand Prix, menyamai juara dunia sembilan kali Mike Hailwood. Pada usia 26 tahun dan 168 hari, Marquez menjadi pembalap termuda kedua yang mencapai tonggak 76 kemenangan GP, di belakang Valentino Rossi (26 tahun 165 hari).

#200: Di GP Aragon, Marquez menjadi pembalap termuda yang mencapai tonggak 200 (start) balapan Grand Prix, berusia 26 tahun dan 217 hari.

Dengan usia yang masih terbilang muda, bakat mumpuni dan tim tangguh macam Repsol honda, diperkirakan akan ada lebih banyak rekor lagu untuk Marquez di tahun-tahun mendatang. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here