Home MotoGP Resmi! MotoGP Inggris dan Australia 2020 Dibatalkan

Resmi! MotoGP Inggris dan Australia 2020 Dibatalkan

Resmi! MotoGP Inggris dan Australia 2020 Dibatalkan
Alex Rins (Suzuki Ecstar) vs Marc Marquez (Repsol Honda) Race MotoGP Silverstone, Inggris 2019 / runganSport © MotoGP.

MotoGP Inggris dan Australia musim 2020 telah resmi dibatalkan karena wabah virus Corona.

Barcelona, runganSport — Seri pembuka MotoGP musim 2020, Qatar telah dibatalkan pada Maret lalu.

Setelah itu menyusul tiga seri lainnya juga dibatalkan, yakni Jerman, Belanda dan Finlandia.

Sekarang juga ada dunia seri baru yang terpaksa dibatalkan, Inggris dan Australia.

Artinya, tak akan ada balapan MotoGP musim ini di Silverstone dan Phillip Island.

Dorna Sport selaku penyelenggara telah mengkonfirmasi bahwa seri Inggris dan Australia 2020 telah dibatalkan karena gangguan coronavirus yang sedang berlangsung.

“Kami sedih harus mengumumkan pembatalan acara ikonik ini setelah tidak menemukan jalan keluar melalui masalah logistik dan operasional pada jadwal baru karena pandemi,” kata Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports dalam rilis resmi, sebagaimana dimuat Crash.

“Silverstone dan Phillip Island selalu menjadi dua akhir pekan balapan paling mendebarkan musim ini.

Atas nama Dorna, saya ingin sekali lagi menyampaikan terima kasih kepada para penggemar atas pengertian dan kesabaran mereka saat kami menunggu situasi membaik. Kami berharap dapat kembali ke Silverstone dan Phillip Island tahun depan untuk balapan yang lebih luar biasa,” harap pria Spanyol itu.

“Kami sangat kecewa karena penggemar MotoGP di seluruh Victoria, Australia dan internasional tidak akan mendapatkan kesempatan berziarah untuk melihat pembalap terbaik dunia bersaing di salah satu sirkuit terbaik di mana saja di dunia, tapi keputusan yang tepat telah dibuat,” terang Paul Little AO, Ketua Grand Prix Corporation Australia.

Setelah Inggris dan Australia terpaksa dibatalkan, MotoGP tahun ini diharapkan bisa menggelar minimal 10 sampai 12 balapan, termasuk balapan dengan format back-to-back di lintasan yang sama.

Sementara balapan di luar Eropa sangat tergantung pada batasan imigrasi dan apakah penonton bisa hadir langsung di sirkuit atau tidak?

Baca: Ternyata Ini Rahasia Ducati Bisa Juara Dunia MotoGP 2007

Dan jadwal terbaru untuk sementara ini menempatkan Jerez sebagai seri pembuka, rencananya akan berlangsung pada 19 Juli yang akan datang dan saat ini masih menunggu persetujuan dari pemerintah Spanyol. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here