Home MotoGP Resmi! Rossi Gagal Juara Dunia MotoGP 2019

Resmi! Rossi Gagal Juara Dunia MotoGP 2019

Resmi! Rossi Gagal Juara Dunia MotoGP 2019
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) Race MotoGP Aragon, Spanyol 2019 / runganSport © Yamaha MotoGP.

Valentino Rossi dinyatakan resmi keluar dari persaingan gelar juara dunia MotoGP 2019 berdasarkan hitung-hitungan poin setelah seri Aragon, Spanyol.

Aragon, runganSport — Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi enam di seri ke-14 musim ini, yang berlangsung di MotorLand Aragon, Minggu (22/9) pekan lalu, hanya berhasil finis kedelapan dalam race 23 lap tersebut.

Rossi mengatakan bahwa ia lebih menderita dibanding dua rider Yamaha lainnya yang finis di depannya, meski mereka sama-sama menggunakan ban kompon keras untuk bagian belakang.

Kendala utama pria Tavullia itu adalah cengkeraman bagian belakang motornya, membuatnya harus melambat agar ban bisa sampai finis.

Tapi yang lebih menyakitkan bagi Rossi adalah ia sudah dinyatakan keluar dari persaingan gelar juara dunia tahun 2019 ini.

Karena hanya finis kedelapan, poin yang dikumpulkan Rossi setelah Aragon baru di angka 137 poin, telah tertinggal 163 poin dari pemuncak klasemen sementara, Marc Marquez.

Dengan lima seri tersisa dan hanya 125 poin maksimal sisa sampai final Valencia nanti, Rossi tak akan sanggup lagi menyamai poin Marquez, apapun yang terjadi di lima balapan sisa, termasuk jika seandainya ‘Rossi memenangkan seluruh balapan sekalipun, dan Marquez tak mendapat poin di Thailand, Jepang, Australia, Malaysia dan Valencia’, sisa poin yang tersedia tak akan cukup lagi mengimbangi jumlah poin anak Cervera itu.

Sejauh ini Rossi baru naik podium dua kali, sedangkan Marquez sudah 13 kali naik podium, delapan diantaranya berupa kemenangan.

Musim 2019 ini menjadi tahun kesepuluh beruntun Rossi gagal menjadi juara dunia.

Terakhir kali ia merasakan mahkota gelar terjadi pada 2009, tapi sejak 2010 yang secara teratur terjadi juga pada 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018 dan sekarang di 2019 telah gagal jadi yang terkuat di klasemen.

Sepuluh musim terakhir Rossi telah gagal menjadi juara dunia, bahkan performa Rossi mulai memudar sejak awal 2016.

Tapi kabar baiknya, Rossi masih punya kesempatan menjadi pembalap terbaik kedua di 2019 ini.

Karean posisi dua klasemen saat ini yang diduduki oleh rider Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso hanya unggul 65 angka dari posisi enam Rossi.

Masih ada lima pertarungan dan perjalanan cukup panjang untuk perebutan posisi dua atau tiga besar klasemen akhir.

The Doctor terakhir kali menang balap pada seri Assen, Belanda 2017 , itu sudah lama sekali dan terakhir kali naik podium di Amerika awal musim beberapa bulan lalu.

Bagaimana dengan musim 2020 mendatang? Apakah Yamaha bisa bangkit sehingga Rossi punya peluang yang lebih menjanjikan untuk gelar ke-10? (DN/eV)

NEXT: Resmi! Bautista Gabung Honda Superbike 2020

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here