Resmi! Tes Pramusim MotoGP 2021 Sepang Dibatalkan

0
170
Resmi! Tes Pramusim MotoGP 2021 Sepang Dibatalkan
Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) Tes Pramusim MotoGP 2020 Sepang, Malaysia 2020 / runganSport © PETRONAS SRT.

Dorna Sports membatalkan tes Pra-musim MotoGP 2021 Sepang, Malaysia, menyusul lockdown dan kondisi darurat di negara tersebut.

Madrid, runganSport — Akibat dari pengetatan pembatasan Covid di Malaysia, FIM, IRTA, dan Dorna Sports secara resmi mengumumkan pembatalan untuk dua acara mereka, yakni Shakedown Test Sepang dan Tes Pra-musim 2021.

Tes ini sebenarnya akan menjadi acara non-Eropa pertama MotoGP sejak Februari (2020) lalu, tapi sekarang akan membutuhkan izin khusus dari Pemerintah Malaysia.

Jadwal ini pada awalnya sangat memungkinkan, sampai pada akhirnya kasus Covid kembali meningkat di Malaysia, menimbulkan kondisi berbeda, dan pihak pemerintah mengeluarkan keadaan darurat yang dimulai Selasa (12 Januari) ditambah batasan pergerakan yang lebih ketat.

“Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung dan lockdown serta komplikasi yang diakibatkannya mengharuskan pembatalan kedua acara tersebut, yang dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang di Malaysia pada Februari,” demikian bunyi pernyataan dari Dorna sebagaimana dimuat Crash.

“Tes Qatar, yang saat ini akan berlangsung di Sirkuit Internasional Losail dari 10 hingga 12 Maret, terus dikonfirmasi dan perkembangan atau perubahan lebih lanjut akan diberikan segera setelah tersedia,” sambung Dorna.

Sementara itu, dengan Losail juga akan menggelar balapan malam pembukaan musim 2021 pada 28 Maret mendatang, skenario yang paling mungkin saat ini adalah seluruh tim dan pembalap sekarang akan tetap di Qatar mulai dari tes hingga balapan usai.

Perubahan pada jadwal MotoGP 2021 yang masih bersifat sementara sudah pasti akan terjadi.

Baca: MotoGP 2021: Bastianini-Marini Pakai Ducati 2019 Bekas Zarco

Jika pembuka musim MotoGP berhasil di Qatar nanti sesuai dengan rencana, maka kemungkinan balaoan kedua akan berlangsung di Eropa, karena Argentina dan Amerika Serikat tampaknya akan sulit menggelar balapan lagi. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here