Home MotoGP Rossi Akhirnya Ungkap Perbedaan Yamaha M1 2020

Rossi Akhirnya Ungkap Perbedaan Yamaha M1 2020

Rossi Akhirnya Ungkap Perbedaan Yamaha M1 2020
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) MotoGP Misano, San Marino 2019 / runganSport Yamaha © MotoGP.

Valentino Rossi mengatakan part baru Yamaha tidak akan memberikan lompatan kinerja yang langsung instan, tapi dia memastikan pabrikan Jepang itu sudah berada dalam jalur pengembangan yang tepat.

Misano, runganSport —  Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi pertama kali menjajal mesin Yamaha M1 2020 prototipe di Tes Brno beberapa waktu yang lalu.

Kemudian kembali menguji mesin tersebut di tes Misano pekan kemarin, tentunya dengan beberapa update dan berubahan terbaru.

Tapi, yang jelas tak ada banyak perubahan dengan motor saat ini, hanya saja Rossi sudah merasa lebih baik karena Yamaha berada dalam jalur pengembangan yang tepat sekarang ini.

Rossi juga tidak mengharapkan part baru Yamaha langsung memberikan lompatan kinerja instan untuk sisa musim atau memasuki tahun 2020, tapi merasa pabrikan Jepang sedang menuju “dalam cara yang baik”.

Rossi bersama dengan tandemnya, Maverick Vinales telah menguji coba swingarm serat karbon baru, knalpot baru, aerodinamika baru, dan mesin 2020 pada tes Misano yang
berlangsung selama dua hari, dan Rossi merasa sangat senang dengan hasilnya.

Sementara Yamaha tetap bungkam tentang apakah part baru akan dicoba lagi akhir pekan ini, dengan pengecualian mesin 2020 karena aturan teknis, Rossi merasa paket upgrade keseluruhan menempatkan skuad Iwata lebih dekat ke barisan depan, terutama untuk menutup kekurangan dari saingannya di lini depan.

Kelemahan terbesar Yamaha ada pada grip ban belakang, akselerasi dan defisit top speed.

“Kami menguji beberapa hal penting. Saya merasa baik, tidak terlalu buruk, itu bukan perbedaan besar tapi saya menyukai swingarm dan saya menyukai knalpot baru, yang sedikit lebih baik untuk karakter mesin Yamaha,” ujar Rossi antusias sebagaimana diberitakan Crash.

Rossi merasa yakin dengan usaha Yamaha saat ini untuk menghadirkan motor yang benar-benar kompetitif.

“Ini bukan perbedaan besar tapi bagaimanapun kami bekerja, Yamaha bekerja keras dan sepertinya kami sudah bekerja dengan baik. Perasaan setelah tes itu positif,” tambah rider Tavullia itu.

Dalam dua balapan terakhir kemarin, Rossi masing-masing finis keempat di Austria dan Inggris, gagal naik podium.

Tapi akhir pekan ini Misano, Rossi akan berusaha keras untuk kembali ke atas podium.

“Misano selalu menjadi balapan khusus karena ini adalah GP kandang saya.

Di balapan terakhir saya sedikit lebih baik, tapi di Silverstone setelah akhir pekan yang solid dalam balapan saya mencoba berjuang untuk podium, hanya saja saya tidak cukup kuat sehingga kami akan mencoba lain kali di sini,” harap The Doctor.

Rossi sata ini berada di urutan keenam dalam klasemen sementara dan hanya tertinggal 2 poin dari posisi lima Vinales.

Terkait motor baru Yamaha 2020, Rossi sangat berharap bisa mendapat paket yang baik, karena hasil tahun depan akan sangat menemtukan masa depan karir balap Grand Prix Rossi, jadi Yamaha M1 2020 akan sangat penting. (DN/eV)

NEXT: Marquez Kapok Kalah Dua Kali Beruntun Tikungan Akhir

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here