Home MotoGP Rossi: Ducati dan Honda Jago Karena Belajar dari Yamaha

Rossi: Ducati dan Honda Jago Karena Belajar dari Yamaha

Rossi: Ducati dan Honda Jago Karena Belajar dari Yamaha
Valentino Rossi, Movistar Yamaha 2018 / runganSport © Yamaha MotoGP.

Tavullia, runganSport — Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi menjelaskan bahwa mesin Ducati dan Honda saat ini semakin jinak dan mudah dikendarai.

Hal ini dikarenakan mereka meniru Yamaha, begitulah pendapat Rossi terkait perkembangan pesat Ducati dan Honda saat ini.

Sementara Yamaha sendiri sejauh ini belum mampu kembali ke podium teratas sejak Assen 2017 lalu, membuat Yamaha sama gagalnya dengan periode 1997-1998.

Pada 2004 lalu, Yamaha melakukan perubahan besar ketika kedatangan Rossi, tapi sudha terjebak dengan konsep mesin empat silinder Inline sampai saat ini.

Sementara Ducati dan Honda berubah menjadi pabrikan paling kuat akhir-akhir ini dengan memenangkan setiap balapan sejak Assen tahun lalu, dengan menggunakan mesin layout V4.

“Kami harus mengatakan bahwa Ducati dan Honda belajar dari Yamaha, karena 3-4 tahun lalu Yamaha sangat lancar, sementara Honda dan Ducati sangat ‘menjerit’ kala itu, karena karakter mesin yang lebih agresif.

Sepertinya di tahun-tahun terakhir ini, Ducati dan Honda membuat motor mereka lebih seperti Yamaha.

Tapi mereka punya mesin V, sementara kami Yamaha punya konsep Inline 4, ini mungkin biang masalah kami, tapi saya tidak bisa pastikan itu,” tutur Rossi kepada Crash.

Sementara rekan setim Rossi, Maverick Vinales mengatakan bahwa kecepatan Yamaha mungkin tidak dipengaruhi oleh perbedaan konsep mesin, melainkan karena masalah teknis
di sektor daya cengkeram.

“Saya bukan teknisi, saya tidak tahu jika Yamaha perlu pindah ke konesep mesin V4,” kata pembalap Spanyol itu.

“Saya hanya tahu bahwa ketika motor punya daya cengkeraman yang baik, itu adalah salah satu motor terbaik untuk dikendarai.

Tapi begitu kita kehilangan cengkeraman, elektronik tidak membantu motor, dan itu membuat kami kesulitan melaju kencang,” jelas Vinales.

Selain Yamaha, Suzuki menjadi satu-satunya pabrik lain yang menggunakan mesin MotoGP dengan konsep Inline empat silinder, sementara KTM dan Aprilia punya konsep mesin
yang serupa dengan Ducati dan Honda. (DN/eV)

NEXT: Dovi Keluhkan Sulitnya Mengalip Lorenzo