Home MotoGP Rossi Jelaskan Penyebab Yamaha Kalah Lawan Tim Satelit Sendiri

Rossi Jelaskan Penyebab Yamaha Kalah Lawan Tim Satelit Sendiri

Rossi Jelaskan Penyebab Yamaha Kalah Lawan Tim Satelit Sendiri
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) & Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) MotoGP Brno, Ceko 2020 / runganSport © MotoGP.

Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli lagi-lagi tampil lebih baik dari Maverick Vinales dan Valentino Rossi di Kualifikasi MotoGP Ceko, apa penyebabnya?

Brno, runganSport — Dua rider tim pabrikan Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi harus puas dengan hasil Kualifikasi 5 dan 10 di MotoGP Ceko akhir pekan ini.

Hasil ini lagi-lagi menempatkan mereka di bawah tim Satelit mereka sendiri, Petronas Yamaha SRT, dengan Fabio Quartararo start kedua dan Franco Morbidelli start ketiga.

Tapi, apa sebenarnya yang menjadi masalah dan kendala Rossi dan Vinales selama kualifikasi MotoGP Ceko kemarin?

“Bagi saya itu adalah hari dengan perasaan campur aduk,” kata Rossi mengomentari hasil Kualifikasinya.

“Di sesi pagi saya merasakan sensasi yang sangat baik dengan motor, juga dalam hal ban. Sesi latihan (ketiga) sangat bagus. Sayangnya, suhu jauh lebih tinggi di sore hari dan saya lebih kesulitan,” sambung Rossi kepada Crash.

Rossi menunjukkan kecepatan yang sangat baik di pagi hari, tapi mengalami kendala di sore hari, padahal balapan akan berlangsung sore.

“Aspal sepuluh derajat lebih hangat dibanding kemarin (hari pertama. Awalnya kami ingin mencoba ban medium untuk roda depan, tapi itu terlalu panas. Itu sebabnya saya harus start dari grid kesepuluh dan itu bukan posisi start yang baik,” keluhnya.

“Sejauh ini tidak akan mudah. ​​Saya hanya berharap untuk start yang baik dan untuk dapat melewati beberapa posisi,” harap pria Italia itu yang berjuang untuk kemungkinan podium ke-200 di kelas utama akhir pekan ini.

Lain Rossi lain lagi Vinales, jika Rossi mengeluhkan suhu aspal, Vinales justeru melakukan kesalahan di Kualifikasi.

Vinales awalnya ingin melakukan serangan waktu dua kali guna dapat mencetak waktu terbaik, tapi ia malah mencoba untuk tiga kali, sayangnya waktu tak cukup untuk mengganti ban.

“Rencana sebenarnya melakukan dua percobaan (di Q2). Tapi karena saya merasa sangat baik dengan motor kedua, saya pikir itu lebih mungkin. Itu sebabnya saya melakukannya, tapi sudah terlambat, Itu adalah kesalahan saya,” sesal Vinales.

Vinales masuk ke pit untuk mengganti ban baru untuk serangan ketiga yang awalnya tidak direncanakan. Tapi waktu hampir habis baginya dan pada akhirnya lap terbaik di serangan kedua (P5) menjadi hasil Kualifikasinya.

Di seri balap sebelumnya, Spanyol dan Andalusia Yamaha pabrikan juga kalah telak melawan tim Satelit sendiri.

Baca: Harusnya Start Kedua, Pol Protes Hasil Kualifikasi MotoGP Ceko

Tapi bagaimana dengan balapan nanti, apakah Rossi dan Vinales siap mengalahkan tim Satelit mereka sendiri di Brno akhir pekan ini? (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here