Home MotoGP Rossi Luar Biasa di MotoGP Qatar, Start 14 Finis Kelima

Rossi Luar Biasa di MotoGP Qatar, Start 14 Finis Kelima

Rossi Luar Biasa di MotoGP Qatar, Start 14 Finis Kelima
Franco Morbidelli vs Takaaki Nakagami vs Valentino Rossi, Race MotoGP Losail, Qatar 2019 / runganSport © Yamaha MotoGP.

Doha, runganSport — Akhir pekan pertama MotoGP musim 2019 telah bergulir dengan sukses di sirkuit ‘malam’ Losail, Qatar, Minggu (10/3) kemarin.

Pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso keluar sebagai juara usai membekuk rider andalan Repsol Honda, Marc Marquez di Tikungan final sirkuit Losail.

Tak hanya sampai disitu, kejutan di MotoGP Qatar tadi malam juga datang dari bintang Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi.

The Doctor mampu membuat kagum seluruh penonton dengan performa gemilang ditengah keterpurukannya.

Awalnya, rider asal Italia itu sempat memimpin di sesi FP1, tapi setelah itu Rossi sangat terpuruk di sesi FP2 sampai FP4.

Puncaknya adalah hasil mengecewakan di Kualifikasi, Rossi hanya mampu mengamankan posisi start ke-14.

Memulai balapan dari barisan belakang, Rossi berubah menjadi sangat beringas di malam balapan berlangsung.

Perlahan Rossi mulai melumat pembalap di depannya satu per satu, sampai pada akhirnya Rossi berhasil menempel barisan depan, dan finis di posisi kelima dengan gap hanya +0.600 detik.

Rossi menyentuh garis finis kurang dari satu detik dari pemenang balap, padahal Rossi memulai balapan jauh dari belakang.

Performa kejutan seperti inilah yang dirindukan seluruh penggemar Rossi, posisi start yang buruk diubah jadi pertunjukan menawan.

Rossi berhasil mengeluarkan kharisma sejatinya sebagai The Sunday Rider, atau dalam istilah Indonesia “pembalap hari Minggu”, pembalap yang selalu memberikan kejutan di hari balapan.

Namun sayangnya, hasil ini tak serta merta membuat Rossi puas, dibalik performa apiknya di Qatar, Rossi sebenarnya masih mengeluhkan hal yang sama dari motornya.

Rossi menyebut masalah saat ini masih agak seperti masalah tahun lalu.

“Kami telah melakukan beberapa penyesuaian yang telah bekerja dengan baik.

Saya senang, karena ini balapan yang bagus, saya merasa nyaman dengan motor saya.

“Tapi yang tidak menyenangkan adalah karena kami secara teknis berada di tempat kami tahun lalu, jadi situasi kita tidak berubah,” ujar Rossi usai balapan berlangsung.

Rossi sekaligus menjadi pembalap Yamaha tercepat di balapan pertama tahun ini, rekan setimnya, Maverick Vinales yang memulai balapan dari posisi Pole, harus puas berakhir di tempat ke-7, dengan gap +2.481 dari pemenang balap.

Lain hanya dengan Rossi, Vinales mengeluhkan ban motornya yang rusak saat balapan di Qatar, terutama saat berduel dengan pembalap lain. (DN/eV)

NEXT: Menang Curang? Motor Dovi Sedang Diselidiki Pengawas Balap