Rossi-Marquez Sependapat: Peran Pembalap Lebih Penting dari Motor

1
1413
Rossi-Marquez Sependapat: Peran Pembalap Lebih Penting dari Motor
Marc Marquez (Repsol Honda) vs Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) VS Pol Espargaro (Repsol Honda) MotoGP Catalunya, Spanyol 2021 / runganSport © MotoGP.

Meski hadirnya segudang teknologi di era MotoGP sekarang, tidak serta-merta membuat peran pembalap diabaikan.

Barcelona, runganSportDalam beberapa tahun terakhir ini, pengembangan teknis menjadi lebih penting di MotoGP, mulai dari aerodinamika hingga inovasi seperti perangkat holeshot.

Setiap pabrikan mencoba untuk tetap berada di garis depan pengembangan untuk menyediakan motor terbaik bagi pembalap mereka.

Kondisi ini turut menimbulkan pertanyaan besar, tentang apakah peran pembalap masih menjadi kunci dalam performa mereka.

Menyaksikan evolusi 20 tahun terakhir, rider Italia, Valentino Rossi percaya bahwa MotoGP masih merupakan olahraga bagi para pembalap daripada insinyur, tapi dia mengakui bahwa sekarang lebih penting untuk mendapat motor yang bagus daripada di masa lalu.

“Saya rasa itu berbeda, itu pasti berbeda,” kata The Doctor kepada Motorsport.

“Entah kalau aspek manusianya kurang ada, saya kurang yakin. Saya kira kurang lebih sama.

Mungkin dulu pembalap bisa membuat sedikit perbedaan, misalkan 60% pembalap dan 40% motornya, sekarang 50-50, jadi mungkin sedikit kurang.

Tapi saya rasa tidak banyak yang berubah, saya pikir pembalap terbaik ada di depan,” jelas rider Satelit Petronas Yamaha SRT itu dalam pandangannya.

Sementara itu, jagoan Spanyol, Marc Marquez, satu-satunya yang mampu menang bersama Honda dalam beberapa tahun terakhir, percaya bahwa sekarang para pembalap bahkan lebih mampu memaksakan bakat mereka dan membuat perbedaan daripada di masa lalu, berkat grid yang lebih kompetitif dari sebelumnya dan kesetaraan antara pembalap, paket pabrik dan satelit.

“Seperti yang dikatakan Rossi, saya rasa pembalap sedikit banyak membuat perbedaan,” ujar Marquez setuju dengan Rossi.

“Itu adalah sesuatu yang harus kita pertahankan. Tentunya sekarang, dengan elektronik pada level yang sama, motor dengan performa yang hampir sama antara tim pabrikan dan tim satelit, semuanya sangat membantu.

Tim atau pembalap tim satelit bahwa mereka tak punya peluang untuk menang sepuluh tahun yang lalu, mereka sekarang punya kesempatan itu, bahkan untuk gelar juara dunia karena motornya benar-benar berbeda (dari sebelumnya),” sambung bintang Repsol Honda itu menganalisa.

Baca: Latihan Bareng, Miller Bongkar Rahasia Acosta

Tapi tentu saja ada banyak hal yang berubah sejak dulu, termauk gaya balap para rider. (DN/eV)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here