Home MotoGP Rossi Protes Jumlah Race, Indonesia Tak Bisa Gelar MotoGP

Rossi Protes Jumlah Race, Indonesia Tak Bisa Gelar MotoGP

SHARE

Rossi Protes Jumlah Race, Indonesia Tak Bisa Gelar MotoGPBrno, runganSport — CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menjelaskan bahwa MotoGP baru ideal jika ada 22 seri balap dalam satu musim.

Tahun ini baru ada 18 seri per musim, mulai 2019 mendatang akan ada 20 seri balap yang sudah resmi diterima, menyusul berbagungnya Thailand mulai tahun depan dan Finlandia mulai tahun berikutnya.

Itu aritnya, tahun depan akan ada 19 seri balap dan mulai 2019 baru akan ada 20 seri per musim.

Ezpeleta sendiri sangat ingin melihat MotoGP balapan sebanyak 22 dalam semusim.

“20 balapan sudah menjadi batas terbanyak, 18 seri saja sudah banyak, dengan dua balapan tambahan lagi rasanya sudah cukup banyak dan baik untuk kejuaraan,” jelas rider Repsol Honda, Marc Marquez.

Jagoan Movistar Yamaha, Valentino Rossi ternyata setuju dengan musuh bebuyutannya itu.

“Kami mengikuti sedikit contoh dari Formula 1, di mana ada 20 balapan per musim, tapi mereka jarang melakukan tes resmi.

Secara umum, saya lebih memilih untuk banyak mengadakan tes, karena itu lebih menyenangkan. 18 balapan saya rasa sudah cukup banyak, tapi 20 saya bisa terima dan itu sudah batas terbanyaknya.

Tapi saya berharap seri tambahan ini nantinya punya fasilitas balap yang baik, agar bisa tercipta kompetisi dan persaingan yang lebih menarik lagi,” harap rider Italia itu.

Sementara itu, Rookie Jonas Folger tak mempermasalahkan jika balapan harus 20 kali dalam satu tahun.

“Saya pikir dua balapan tambahan dapat diterima. Di Finlandia Saya sudah melihat ke depan. Ini adalah negara baru di mana kita akan balapan disana.

Kalau balapan lebih dari 20 kali, kita harus kembali meninjau jumlah batas maksimalnya, jangan sampai pembalap kelelahan karena terlalu banyak seri.

Sejauh ini kita sudah punya banyak tes dan balapan, tapi saya pribadi suka kok dengan 20 balapan,” pungkas Folger.

Tahun ini sudah 18 seri dan tahun 2019 mendatang menjadi 20 seri dengan masuknya Thailand dan Finlandia.

Lalu bagaimana dengan nasib Indonesia? Palembang yang rencananya akan masuk ke MotoGP 2018 dan Lombok yang rencananya di 2019.

Banyak pembalap yang mengeluh bahwa mereka tidak ingin balapan lebih dari 20 balapan dalam satu tahun. Itu artinya tak ada kesempatan untuk Indonesia bisa selenggarakan MotoGP

Indonesia bisa masuk ke MotoGP jika salah satu dari empat seri di Spanyol keluar dari MotoGP. (DN/vU)

Sudah Tahu Yang Ini?

loading...