Home MotoGP Rossi Terpaksa Melambat di Aragon, Ini Penyebabnya

Rossi Terpaksa Melambat di Aragon, Ini Penyebabnya

Rossi Terpaksa Melambat di Aragon, Ini Penyebabnya
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) vs Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducari) Race MotoGP Aragon, Spanyol 2019 / runganSport © Yamaha MotoGP.

Valentino Rossi terpaksa melambat di MotoGP Aragon dan membuat lajunya memburuk karena masalah cengkeraman bagian belakang motornya.

Aragon, runganSport — Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi hanya mampu finis kedelapan dalam balapan 23 lap di MotoGP Aragon, Minggu (22/9) pekan lalu.

Rossi kesulitan dengan daya cengkeram bagian belakang motornya, membuat lajunya sangat buruk.

Sama dengan rekannya, Maverick Vinales, Rossi menggunakan ban belakang kompon keras, tapi Rossi jauh lebih lambat dari rider Spanyol itu.

“Saya tahu laju saya mungkin tidak cukup untuk berjuang meraih podium, tapi saya berharap dan berharap untuk menjadi lebih kuat,” kata Rossi kepada Crash.

Rossi bahkan finis 18 detik dari posisi empat Vinales.

“Balapan yang sangat sulit karena kami menggunakan ban belakang kompon keras seperti rider Yamaha lainnya.

Quartararo dan Vinales mendapat beberapa masalah di akhir balapan, tapi saya mengalami masalah ban belakang lebih dulu setelah 5-6 lap. Jadi sayangnya saya harus melambat dan kecepatan saya sangat buruk,” akui rider Italia itu.

Tiga pembalap yang berdiri di podium Aragon pekan lalu menggunakan ban belakang kompon lunak, mulai dari Marc Marquez, Andrea Dovizioso dan Jack Miller, faktor ini mungkin yang telah membantu.

“Ini bukan masalah ban, tapi lebih masalah kami, pengaturan kami, karena di paruh kedua musim kami memodifikasi motor dan saya lebih kompetitif secara umum, tapi kami selalu punya masalah soal cengkeraman belakang dan saya kesulitan lebih ketimbang Quartararo dan Vinales,” terangnya.

Apakah penyebabnya karan Rossi menggunakan swingarm dan knalpot serat karbon baru. Mungkinkah itu menjadi faktor dalam masalah cengkeraman M1?

“Saya sudah kurang punya cengkeraman sejak Austria misalnya atau sejak Silverstone ketika saya masih menggunakan part-part lama.

Jadi bagi saya, tidak. Ini sesuatu yang lain, karena saya kurang punya pegangan belakang terutama di bagian tepi.

Saya sering slide dan ketika itu terjadi sisi ban Anda menjadi sangat rusak. Jadi, Anda melaju lebih lambat dan merusak lebih banyak ban. Kita perlu menemukan solusi untuk itu,” harapnya.

Karena hanya finis kedepana, Rossi tetap tertahan di urutan enam klasemen sementara, tapi sudah tertinggal 10 poin di belakang Vinales. (DN/eV)

NEXT: MotoGP Aragon: Menang Santuy, Marquez Finis Sambil Mancing

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here