Home MotoGP Rossi Ungkap Alasan Final MotoGP Selalu di Valencia

Rossi Ungkap Alasan Final MotoGP Selalu di Valencia

Rossi Ungkap Alasan Final MotoGP Selalu di Valencia
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) MotoGP Valencia, Spanyol 2019 / runganSport © MotoGP.

Valencia dengan sirkuit Ricardo Tormo selalu menjadi seri penutup di tiap musim balap MotoGP, apa alasannya?

Tavullia, runganSport — Valencia terkenal sebagai seri penutup MotoGP untuk laga tiap musimnya.

Meski kadang berebutan gelar juara dunia jarang sampai di sirkuit ini, tapi daya tariknya selalu berbeda dari yang lain.

Pada 2015 Valencia menjadi penentu juara dunia antara Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, kemudian terulang pada 2017 antara Marc Marquez dan Andrea Dovizioso.

Tapi mengapa Valencia harus menjadi seri terakhir, apa alasannya? Padahal cuaca biasanya sering tak bersahabat di akhir tahun di Valencia.

Baru-baru ini, ada muncul banyak kritik tentang jadwal MotoGP Valencia, karena seiringnya banyaknya tambahan sirkuit baru, membuat Valencia semakin tergurus ke akhir November, membuat cuaca lebih dingin dari tahun-tahun sebelumnya.

Menghindari cuaca buruk, untuk tahun depan di beberapa sirkuit sudah diubah jadwalnya, mulai dari Thailand yang akan pindah ke Maret, tapi Valencia tetap terakhir, apalagi di 2021 mendatang Indonesia mulai masuk dan akan menggelar balapan sebelum seri Malaysia, yakni sekitar Oktober 2021.

“Bagi saya, datang ke Valencia pada pertengahan November untuk bukanlah ide bagus.

Tapi penyelenggara MotoGP berasal dari Spanyol dan sangat tertarik untuk menyelesaikan final di Spanyol.

Saya kira itulah alasannya. Jika itu tidak benar, akan lebih baik untuk tidak menggelar final di Eropa, tapi di tempat yang lebih panas,” kata Rossi memberikan kritiknya.

“Benar, dalam beberapa tahun suhunya tidak begitu buruk di sini. Tapi dalam dua tahun terakhir kami mengalami kondisi musim dingin.

Pada 2015, 2016 dan juga pada 2017 suhu di Valencia tidak begitu buruk. Tapi dalam dua tahun terakhir kami mengalami musim dingin.

Tahun lalu turun hujan sejak Kamis hingga Minggu, tahun ini kering, tapi pada malam hari cuaca hingga lima derajat.

Saya mengerti bahwa penting bagi Dorna untuk menyelesaikan kejuaraan ini di Spanyol. Tapi di Eropa kita sedang musim dingin.

Mungkin akan lebih bagus menggelar balapan di Valencia sebelum tiga balapan di luar Eropa, dan Sepang bisa jadi tempat final,” sambung Rossi memberikan tanggapannya, sebagaimana dimuat Speedweek.

Tahun 2020 akan ada 20 kali balapan, dan pada 2021 mendatang bertambah menjadi 21 seri, tapi sepertinya Valencia tetap akan jadi yang terakhir. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here