Rossi Ungkap Fakta Aneh Ban MotoGP: Sangat Bahaya Kalau Melaju Pelan

0
3626
Rossi Ungkap Fakta Aneh Ban MotoGP: Sangat Bahaya Kalau Melaju Pelan
Ban Motor Joan Mir (Suzuki Ecstar) MotoGP Phillip Island, Australia 2022 / runganSport © MotoGP.

Dengan ban MotoGP, pembalap tidak bisa melaju pelan karena fungsi ban balap khusus untuk MotoGP dibuat untuk melaju sangat kencang.

Tavullia, runganSport — Pembalap asal Italia, Valentino Rossi telah dikenal sebagai salah satu yang terbesar yang pernah ada di MotoGP.

The Doctor menutup karir balap Grand Prixnya pada akhir musim 2021 di Valencia.

Rossi adalah satu satu pembalap paling berbakat dengan karir panjang di MotoGP.

Tentu dia sangat paham dengan semua seluk belum balap motor dan MotoGP.

Salah satu hal paling krusial adalah ban. MotoGP menggunakan ban balap khusus yang diproduksi secara eksklusif oleh brand asal Prancis, Michelin, sebelumnya ada Bridgestone.

Berbicara tentang ban MotoGP, Rossi dengan segudang pengalaman balap, menjelasakan beberapa rahasia fakta dan aneh tentang ban MotoGP.

Salah satu poin menarik bahwa ban MotoGP harus dipakai dengan kecepatan tinggi, tidak bisa dikendarai dengan pelan karena motor sulit berjalan, hal ini dikarenakan tingkat cengkeraman yang sangat baik.

Ban MotoGP seakan memaku di aspal, jadi harus dibawa dengan kecepatan tinggi sesuai dengan fungsinya.

“Menurut saya ini adalah kelebihan ban MotoGP, karena dengan motor MotoGP, terutama dengan ban MotoGP kami seperti tertancam ke aspal.

Anda bisa mendapat cengkeraman yang sangat baik, ini adalah pertanyaan tentang seberapa besar kekuatan yang dapat Anda berikan pada ban dan seberapa besar cengkeraman yang diberikannya kepada Anda,” kata Rossi berbicara di Youtube Geopop, seperti dikutip Motorcyclesports.net.

“Ini adalah ban yang dibuat untuk tekanan yang sangat kuat, sangat keras dan jika Anda melaju perlahan ban sangat berbahaya karena (motor) Anda tidak bisa berjalan, itu tidak bekerja,” kata Rossi menjelaskan sedikit tentang fakta ban motor MotoGP.

Selain itu, ban MotoGP dalam kondisi yang masih dingin juga sangat berbahaya, karena itu setiap tim sudah melengkapi motor pembalap mereka dengan tyre warmer, yang selalu digunakan untuk menutup ban sesaat sebelum digunakan di setiap sesi.

Baca: Ducati Tanggapi Rumor Satu Pembalapnya Kabur Tinggalkan MotoGP

“Ketika Anda melaju dengan ban dingin, dan ini terjadi dengan pembalap yang terkadang masuk ke tikungan pertama dengan beberapa keuntungan dan kemudian mengerem dan kehilangan kendali karena ban tidak cukup panas,” jelas Rossi lebih detail. (rs/gp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here