Home MotoGP RPM Meningkat, Quartararo Makin Ganas

RPM Meningkat, Quartararo Makin Ganas

RPM Meningkat, Quartararo Makin Ganas
Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) MotoGP Buriram, Thailand 2019 / runganSport © MotoGP.

Fabio Quartararo mendapat motor dengan 500rpm lebih rendah dari tiga pembalap Yamaha lainnya, tapi sejak MotoGP Thailand kemarin ia mendapat tambahan peningkatan RPM ke angka normal.

Buriram, runganSport — Manajer tim Satelit Petronas Yamaha SRT, Wilco Zeelenberg membenarkan bahwa pembalapnya, Fabio Quartararo telah diberikan RPM ekstra untuk lima seri terakhir musim ini, yang dimulai sejak Thailand kemarin, ini guna membantu perjuangannya melawan rival dengan tenaga kuda yang lebih tinggi untuk diandalkan.

Spesifikasi M1 jatah rider Prancis itu pada dasarnya mesin 2019, tapi hanya ada lima lima untuk musim ini, sedangkan Yamaha lainnya (Franco Morbidelli, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi) masing-masing tujuh mesin.

Karena mendapat mesin yang lebih sedikit, berimbas pada perubahan mesin dengan penurunan sekitar 500RPM per unit M1nya untuk Quartararo, tujuannya agar bisa bertahanl
lebih lama, supaya awet sampai balapan terakhir.

Tapi karena Quartararo baru menggunakan mesin keempatnya dan masih ada sisa satu mesin lagi, dengan empat seri tersisa sekarang RPM motornya sudah dikembalikan.

Hasilnya bisa langsung dilihat dengan Quartararo mampu menyamai top speed rider Yamaha lainnya di Sirkuit Internasional Chang, Buriram.

Dalam Kualifikasi ia berhasil mengamankan posisi Pole, juga saat balapan berlangsung ia masih mampu mengimbangi kecepatan rider Repsol Honda, Marc Marquez di lintasan lurus.

Walau masih kalah, tapi tidak terlalu ketinggalan ketika motor melaju dalam kecepatan puncak.

“Di FP2 ketika saya berada di belakang Rins saya merasa sedikit lebih baik, tapi lebih dari satu lap itu adalah konsistensi melakukan 26 putaran,” kata Quartararo kepada Crash.

“Saya sendirian, yah tidak ada orang di depan (saat race), jadi sangat sulit untuk menilainya, tapi sepanjang 26 lap sangat membantu terutama di lintasan lurus.

“Buriram adalah lintasan yang sudah sangat bagus untuk Yamaha, tapi kami tidak berharap akan sebagus ini karena saya pikir kecepatan tertinggi Honda sangat meningkat tahun ini.

Saya sangat senang dengan hasil ini dan finis kurang dari 0,2 detik dari kemenangan,” sambung Quartararo puas.

Sekarang MotoGP akan fokus untuk tiga balapan beruntun, mulai dari Jepang, Australia dan Malaysia, lalu istirahat sepekan untuk persiapan final Valencia di November nanti.

Kemarin untuk melihat laju Quartararo di seri sisa musim ini dengan mesin yang sudah dipasok RPM penuh. (DN/eV)

2 COMMENTS

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here