Home MotoGP Seperti Apa Bahaya Jika GP Ceko Start dengan Ban Slicks?

Seperti Apa Bahaya Jika GP Ceko Start dengan Ban Slicks?

SHARE

Seperti Apa Bahaya Jika GP Ceko Start dengan Ban Slicks?Brno, runganSport — Tiga rider Spanyol yang berhasil naik podium di MotoGP Ceko kemarin, Marc Marquez, Dani Pedorsa dan Maverick Vinales menjelaskan bahaya jika balapan kemarin dimulai dengan motor setingan kering.

Balapan keselupuh musim ini di Sirkuit Brno diawali dengan motor setingan kering, namun sejak lap pemanasan, sudah ada garis-garis kering di lintasan.

Marquez, yang merupakan pembalap pertama yang masuk ke pit untuk mengganti motor-nya di akhir lap kedua, mengatakan bahwa jika start dengan ban slicks sejak awal bukanlah pilihan yang aman.

“Jika kira start dengan menggunakan ban kering, itu terlalu berbahaya karena ini adalah motor yang sangat berat, motor yang sangat kuat. Seperti kata Pedrosa, lintasannya lebih cepat kering dari yang saya harapkan,” tutur Marquez seperti dimuat Crash.

Pedrosa setuju dengan apa yang dikatakan rekan setimnya itu.

“Saya pikir seperti yang dibilang Marquez, bahwa tidak cocok jika kita langsung balapan dengan ban kering tanpa flag-to-flang, meski lintasannya bisa kering dengan cepat sejak lap pertama,” jelasnya.

Pembalap Movistar Yamaha, Vinales juga menjelaskan bahwa langsung balapan dengan ban kering sangatlah berbahaya.

“Terlalu berisiko jika langsung menggunakan ban kering (slicks), meski jika lintasan mengering dengan sangat cepat, jauh lebih cepat dibanding hari Jumat, pokoknya itu tetrlalu beresiko.

Balapan GP Ceko kemarin berlangsung dramatis, dan pembalap yang akhirnya bisa di depan rata-rata mereka mengganti motor lebih awal dari pembalap lain.

Namun, rekan setim Vinales, Valentino Rossi membuang kesempatannya dengan begitu saja untuk memenangkan balapan, karena hingga akhir lap kelima ia baru masuk ke Pit
Lane untuk mengganti motor.

Rider asal Italia itu akhirnya turun ke posisi ke-13, namun berhasil melakukan perlawanan keras, menyusul kelompok di depan, hingga di lap akhir ia berhasil melewati rider Satelit LCR Honda, Cal Crutchlow untuk mengklaim posisi finis keempat. (DN/vU)

Sudah Tahu Yang Ini?

loading...