Home MotoGP Sirkuit Assen: Lintasan MotoGP Paling Sulit

Sirkuit Assen: Lintasan MotoGP Paling Sulit

Sirkuit Assen: Lintasan MotoGP Paling Sulit
Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) Race MotoGP Assen, Belanda 2019 / runganSport © MotoGP.

Fabio Quartararo menyebut kalau sirkuit Assen merupakan lintasan MotoGP paling menuntut, apa alasannya?

Andorra, runganSport — Rider Satelit Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo menyebut Sirkuit ini sebagai salah satu yang menuntut.

“TT Circuit Assen” yang juga dikenal sebagai “Cathedral of Speed” dan merupakan -hingga wabah Corona- satu-satunya tempat yang telah menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Sepeda Motor setiap tahun sejak musim debutnya pada tahun 1949.

MotoGP Assen 2020 harus dibatalkan akibat pandemi dan larangan dan pembatasan acara terkait -seperti Mugello, Sachsenring, Kyming, Silverstone, Motegi dan Phillip Island-.

Lintasan Assen yang sempat dimodifikasi pada musim dingin 2005/2006 dan dipersingkat dari 6 km menjadi 4,5 km panjangnya, sekarang memiliki enam Tikungan kiri dan dua belas Tikungan kanan dan trek lurus hanya 487 meter.

Quartararo yang memberikan penilaian unik soal Assen, ternyata pernah naik podium di semua kelas.

“Ini adalah satu-satunya trek di mana saya berada di podium di semua kelas,” katanya merujuk hasil balapan Moto3 2015 (hanya 0,066 detik di belakang Miguel Oliveira di posisi 2) dan finis kedua di 2018 (di belakang juara dunia Moto2 Francesco Bagnaia),” sebagaimana dimuat Speedweek.

Pria Prancis itu menyebut lintasan Assen menjadi sirkuit dengan karakter paling lengkap.

“Saya sangat suka lintasan itu, tapi secara fisik dan mental sangat sulit di sana.

Lintasannya sangat cepat, tapi tidak terlalu panjang. Jadi, Anda harus benar-benar tepat di tikungan. Misalnya, jika Anda berbelok ke tikungan kanan dengan sangat cepat setelah lintasan lurus, Anda harus sangat teliti.

Saya akan bilang kalau banyak orang akan setuju bahwa Assen adalah salah satu rute yang paling sulit, pertama sulit untuk dipelajari dan kedua sulit untuk melibasnya dengan cepat,” demikian Quartararo dalam percakapan dengan reporter MotoGP, Matt Dunn.

Baca: Valentino Rossi Adalah Raja di MotoGP

Assen akan kembali menjadi tuan rumah MotoGP mulai tahun depan lagi. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here