Home MotoGP Terungkap! Trik Michelin Bantu Quartararo Menang di Jerez

Terungkap! Trik Michelin Bantu Quartararo Menang di Jerez

Terungkap! Trik Michelin Bantu Kemenangan Quartararo di Jerez
Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) MotoGP Jerez, Andalusia 2020 / runganSport MotoGP.

Michelin telah mengirim pesan lewat email terkait trik untuk menggunakan ban bekas Pemasaran di sesi Race, dan Fabio Quartararo berhasil menang.

Jerez, runganSport — Pembalap Satelit Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo membuka musim dengan sempurna lewat dua kemenangan dalam dua balapan hantu beruntun di MotoGP Spanyol dan Andalusia.

Salah satu yang menjadi kunci dominasi rider Prancis itu adalah ban Michelin, ia patuh dengan anjuran pabrikan ban Prancis itu.

Michelin sendiri sudah mempersiapkan trik dan menyarankan semua tim untuk melakukannya, tetapi hanya dua pembalap yang mengikuti.

Motorsport mengungkap bahwa Michelin sebagai pemasok ban MotoGP telah mengirim email ke semua tim selama seri kedua MotoGP 2020, mereka merekomendasikan untuk menggosok ban belakang kompon lembut dalam sesi pemanasan hari Minggu.

Ide balik ini adalah bahwa scrub menghilangkan film dari ban, dan kemudian setelah dibiarkan dingin sebelum dimasukkan kembali ke dalam tyre warmer, reaksi kimia terjadi pada karet.

Ini membuat ban lebih tahan panas, dengan jangkauan kerja 10 derajat lebih dingin dari biasanya, yang meningkatkan daya tahan karet.

Seorang juru bicara dari Michelin menjelaskan: “Dari waktu ke waktu kami membuat rekomendasi kepada tim yang kami yakini dapat membantu mereka, tapi mereka bebas memilih ikut atau tidak.

Kamu melakukan semua tiga lap. Kemudian Anda membiarkan ban terbuka dengan pemanas agar dingin. Setelah dingin, Anda menutupinya lagi sampai saat balapan.

Prosedur ini membuat senyawa lebih tahan panas dan dapat mengurangi suhu hingga 10 derajat,” terang pihak Michelin.

Hanya pembalap Quartararo, dan jagoan Suzuki Ecstar, Alex Rins yang menyelesaikan scrub pada ban kompon lembut, yang nantinya akan mereka gunakan untuk balapan, meskipun semua pembalap lain memilih kompon lembut untuk ban belakang.

Dengan suhu lintasan mencapai 60 derajat Celcius dalam lomba, Quartararo bisa mendapatkan keuntungan secara instan dengan menarik keunggulan yang sehat sejak lap awal.

“Biasanya kami selalu mulai dengan ban baru di grid start,” terang Quartararo seusai balapan.

Baca: Kelakuan Murid Rossi, Selebrasi Tabrakan-Luka Botol Minum Podium

“Tapi kali ini kami memutuskan untuk menggunakan ban yang dipakai di sesi pemanasan di pagi hari menjelang balapan,” jelas rookie terbaik 2019 itu. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here