Home MotoGP Yamaha Siapkan Quartararo Jadi Pengganti Rossi

Yamaha Siapkan Quartararo Jadi Pengganti Rossi

Yamaha Siapkan Quartararo Jadi Pengganti Rossi
Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) MotoGP 2019 / runganSport © MotoGP.

Barcelona, runganSport — Walaupun karir Moto2nya tidak terlalu baik, tapi rider asal Prancis, Fabio Quartararo sudah ada dalam pengawasan Yamaha MotoGP sejak lama.

Ia hanya berhasil menang satu kali selama berlaga di Moto2 dan mengakhir musim 2018 di posisi ke-10 kalsemen akhir.

Jelas ini hanyalah hasil biasa saja bagi seorang pembalap yang menjadi incaram tim pabrikan di MotoGP.

Manajer tim Petronas Yamaha SRT, Wilco Zeelenberg, mengatakan bahwa petinggi Yamaha MotoGP, Lin Jarvis telah mengawasi Quartararo sejak lama.

Zeelenberg mengisyaratkan bahwa Yamaha memandang Quartararo sebagai pewaris jangka panjang superstar asal Italia, Valentino Rossi di tim pabrikan nantinya.

Jadi, nama Quartararo sudah sejak jauh-jauh hari ditargetkan untuk bisa bergabung dengan Yamaha, dengan tujuan akhir untuk menjadikannya penerus Rossi di kelas utama nantinya.

Rossi adalah pembalap tertua di MotoGP saat ini, sudah lebih dari dua dekade ia berlaga di Grand Prix, artinya ia sudah dekat dengan musim-musim tekahirnya di MotoGP.

Quartararo juga ternyata sudah diawasi oleh Zeelenberg sejak turun ke kejuaraan CEV.

“Saya telah mengawasinya sejak CEV, karena ini adalah kejuaraan tingkat tinggi,” ujar Zeelenberg kepada Motorsport Magazine sebagaimana diberitakan Daily Star.

“Quartararo pada dasarnya mengalahkan semua pembalap, jadi bakatnya jelas, meskipun agak mentah.

Yamaha juga sudah mengawasinya sejak lama.

Empat tahun lalu Jarvis bertanya kepada saya, talenta muda apa yang saya lihat dan siapa yang terlihat baik, jadi saya menyebut Quartararo,” sambung Zeelenberg menjelaskan.

Ternyata Quartraro memang sudah menjadi incaran utama Yamaha akhir tahun lalu untuk ditempatkan di tim Satelit, yang kemudian direncanakan untuk bergabung ke tim pabrikan saat Rossi pensiun nanti.

“Segera setelah Dani Pedrosa memutuskan untuk pensiun dan tidak bergabung dengan tim baru kami untuk 2019, nama Quartararo berada di urutan teratas dalam daftar kami,”
tambah pria asal Belanda itu.

Sebelum nama Quartararo muncul, memang Pedrosa sempat diharapkan akan bergabung dengan Satelit Yamaha setelah tidak lagi memperpanjang kontrak dengan Repsol Honda.

Tapi pada akhirnya Pedrosa memilih untuk pensiun dan menjadi pembalap penguji KTM.

Saat ini Quartararo tampil sangta baik di musim debutnya bersama satelit Yamaha, sudah menyabet Pole pertama, podium pertama dan merupakan pembalap yang sangat rapi, karena sangat jarang sekali terjatuh.

Quartararo juga menjadi pembalap pendatang baru teratas sementara ini, mengalahkan tiga rookie lainnya. (DN/eV)

NEXT: Malang! Vinales Sudah Tiga Kali Kena Hantam

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here