Home MotoGP Yamaha Terpuruk, Stoner: Rossi-Vinales Bermasalah

Yamaha Terpuruk, Stoner: Rossi-Vinales Bermasalah

Yamaha Terpuruk, Stoner: Rossi-Vinales Bermasalah
Casey Stoner, Pembalap Penguji Ducati Team 2018 © MotoGP.

Sepang, runganSport — Mantan bintang MotoGP kelahiran Australia, Casey Stoner menyebut keterpurukan Movistar Yamaha sepanjang 2017 lalu, disebabkan oleh kedua rider mereka.

Valentino Rossi dan Maverick Vinales disebut Stoner tak tampil maksimal, mereka sedikit dibawah tekanan sehingga menghancurkan musim 2017 mereka.

“Sebenarnya sulit untuk menilai, karena saya bukan orang Yamaha, tapi melihat Vinales sangat tangguh di awal musim, bahkan sejak pra-musim, ia begitu nyaman menggeber M1-nya.

Namun, sejak seri keenam, kepercayaan diri Vinales tiba-tiba menurun karena ia mulai sering jatuh, hal ini turut mempengaruhi performa Vinales.

Ditambah Vinales masih muda dan belum begitu banyak pengalaman,” tutur Stoner seperti dimuat MotorSport.

Pembalap penguji Ducati Team itu juga menudik pembalap Yamaha hanya mencari-cari asalan dengan sering mengubah penggunaan sasis.

“Mereka bisa mencari-cari alasan terkait masalah motor, tapi saya rasa motor mereka tak terlalu berbeda sepanjang musim lalu.

Lihat saja pembalap Tech 3 yang menggunakan sasis sama, mereka malah tak mengalami masalah,” tegas Stoner.

Stoner merasa Vinales dan Rossi tidak tampil maksimal sepanjang 2017 sebagaimana mestinya.

“Menurut saya, masalahnya ada pada pembalap. Akan selalu ada pro dan kontra soal segalanya, tapi mengingat mereka mengawali tahun begitu impresif, kompetitif dan merupakan yang terbaik.

Tapi kemudian malah kesulitan finis di 10 besar, saya rasa masalah mereka bukan pada motor,” tutup juara dunia 2017 dan 2011 itu. (DN/vU)

NEXT: Tentang Indonesia, Lorenzo Suka Nasi Goreng