Home MotoGP Zarco: Tak Perlu Ubah Gaya Balap dengan KTM

Zarco: Tak Perlu Ubah Gaya Balap dengan KTM

Zarco: Tak Perlu Ubah Gaya Balap dengan KTM
Johann Zarco, Red Bull KTM Factory Racing 2018 / runganSport © MotoGP.

Jerez, runganSport — Pembalap asal Prancis, Johann Zarco sudah terbiasa dengan gaya balap mulus selama dua musim di atas motor Yamaha M1.

Tahun depan, ia akan pindah ke pabrikan KTM, tapi ia menegaskan bahwa ia tak perlu mengubah gaya balapnya, motor RC16 yang terkesan liar ternyata bisa dijajal dengan gaya balap Zarco saat menggeber Yamaha.

Selama ini mesin KTM terlihat liar di tangan rider Spanyol, Pol Espargaro, bukan berarti yang bisa dikendarai dengan mulus.

“Saya harus menemukan basis saya (set-up dasar), karena saya tidak akan mengendarai KTM seperti Pol.

Saya dapat menemukan beberapa ide dan terkadang mencoba hal-hal seperti yang dia lakukan, tetapi saya tidak dapat menirunya,” jelas Zarco kepada Crash usai tes Jerez beberapa waktu lalu.

“Saya tahu bahwa gaya balap saya halus cukup baik dengan KTM, terutama saat keluar tikungan, cukup konsisten.

Ini benar-benar gaya Zarco banget dan ketika saya punya feeling seperti itu, saya bisa melaju dengan konsisten,” tambah Zarco.

Orang Prancis itu mengacu pada lap terakhirnya Jerez, ketika ia mengatur waktu terbaiknya dalam tes selama lima lap yang bervariasi hanya 0,316 detik.

Walau Zarco belum bisa tampil cepat dengan KTM sebagaimana ia menggeber Yamaha, tapi lajunya cukup baik dan sangat konsisten.

Hanya saja, Zarco perlu lebih banyak waktu lagi untuk adaptasi dengan karakter mesin KTM.

KTM sepertinya akan punya masa depan yang baik di MotoGP, karena selain Zarco, ada satu nama besar yang sudah resmi merapat, yakni Dani Pedrosa yang menjabat sebagai pembalap penguji resmi untuk pabrikan Austria itu. (DN/ev)

NEXT: Dokter Kaget Marquez Bisa Juara dengan Bahu Cedera