Agostini: Marquez Harus Finis Terakhir Jika Ingin Selamat

1
4433
Agostini: Marquez Harus Finis Terakhir Jika Ingin Selamat
Marc Marquez (Repsol Honda) MotoGP Jerez, Spanyol 2020 / runganSport © MotoGP.

Tak mengapa Marc Marquez finis terakhir sementara ini dalam comebacknya, ketimbang langsung mengambil risiko yang bisa berujung celaka.

Roma, runganSport — Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez sedang bekerja keras untuk mempersiapkan diri, karena ada kemungkinan besar bisa kembali balapan di seri pertama tahun ini di Qatar.

Marquez bahkan sudah berlatih dengan motor Honda RC213V-S di sirkuit Catalunya, Selasa (16/3/2021).

Tapi menunut mantan pembalap Grand Prix, Giacomo Agostini, Marquez tak harus mengambil risiko di beberapa balapan pertama.

Menurut Agostini, tak mengapa Marquez finis terakhir yang terpenting bisa berkendara lagi, baru kemudian menyerang jika sudah mulai terbiasa dengan motor MotoGP, karena sudah satu musim lamanya ia melewatkan kompetisi.

“Marquez harus balapan, tapi dia harus berjanji untuk finis terakhir. Ini akan menjadi latihan yang bagus baginya setelah setahun tanpa mengendarai motor 300 km/jam.

Dia harus berlatih dan dengan senang hati finis terakhir. Ini sesi latihan yang bagus dan Anda harus melakukannya, mata Anda tidak lagi terbiasa, itulah mengapa Anda harus bersaing, tenang dan bersenang-senang,” kata Agostini dalam berita yang dimuat Motosan.

Mantan pembalap asal Italia itu memang tak pernah mengalami cedera serumit Marquez, namun Agostini sedikit paham tentang kondisi yang dialami Marquez.

“Saya tidak pernah diam (absen balapan) untuk waktu yang lama, tapi saya ingat bahwa ketika saya pergi berlari di Emilia Romagna, masih belum ada tutor, dan di dalam mobil dalam perjalanan saya melaju 180 km/jam dan itu membuat saya ingin terbang.

Setelah tiga hari balapan dengan motor 280km/jam, pada Minggu malam, speedometer mobil saya naik ke angka 240 dan saya merasa itu akan menjadi 160.

Kami pembalap harus membiasakan mata kami, dan Marquez sekarang tidak lagi melakukannya selama setahun. Anda harus berpikir bahwa Anda tidak ingin menang tapi berkendara saja dulu,” sambung Agostini.

Artinya, comeback Marquez nanti akan sangat baik jika tak harus memaksa dalam balapan, beberapa balapan tak masalah finis terakhir, karena ini bisa menjadi latihan yang baik untuk Marquez, begitu semuanya berjalan lancar, maka boleh untuk mengincar kemenangan lagi.

Baca: Tak Harus Jatuh, Guncangan Motor MotoGP Bisa Patahkan Tulang Rapuh

“Tak ada gunanya mengambil risiko finis keempat atau kelima, lebih baik finis terakhir dan kemudian balapan hebat di seri berikutnya,” tekan Agostini. (DN/eV)

1 COMMENT

  1. Masuk akal sih pendapat agostini the legend ini, seirama dengan slogan marquez untuk comeback yaitu #stepbystep

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here