Akhirnya Ada Penjelasan Teknis Kenapa Rossi Selalu Bermasalah dengan Ban

0
62996
Akhirnya Ada Penjelasan Teknis Kenapa Rossi Selalu Bermasalah dengan Ban
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) MotoGP Catalunya, Spanyol 2021 / runganSport © MotoGP.

Marco Melandri menilai ban Michelin terlalu lembek untuk gaya balap Valentino Rossi.

Barcelona, runganSportPembalap Italia, Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) saat ini sedang dalam kondisi yang paling buruk sepanjang karir balap Grand Prixnya.

The Doctor mengawali musim 2021 ini dengan cara yang sangat sulit, kemungkinan menjadi tahun balap terakhirnya.

Hanya tiga seri yang berhasil diselesaikan dengan poin, sisanya sangat buruk dan berada di posisi 19 klasemen sementara, hanya dengan 15 poin.

Masalah Rossi sebenarnya sudah berlangsung lama dalam empat musim terakhir, tapi 2021 adalah yang terparah, mengapa terjadi demikian?

Mantan pembalap asal Italia, Marco Melandri memberikan analisa teknis terkait keterpurukan Rossi, dimana ia menitikberatkan pada gaya balap yang sudah tak cocok lagi dengan MotoGP era sekarang, terutama menyangkut ban.

Ban MotoGP yang sekarang dinilai oleh komentator DAZN Italia itu terlalu lembek untuk Rossi dan gayanya membawa motor, mengakibatkan sering mengalami masalah dengan Michelin.

“Waktu berlalu. Dia mencoba melihat pembalap (gaya membawa motor) di foto. Rossi mengendarai motor dengan cara tertentu.

Quartararo punya posisi yang sama sekali berbeda, waktu telah berubah, lihat yang lebih muda seperti Martín, Binder, Bagnaia… mereka berkendara secara berbeda dibanding Zarco dan Morbidelli, dari generasi lain.

Itu adalah sesuatu yang harus Anda terima, tidak ada lagi yang bisa dilakukan,” kata Melandri yang sekarang menjadi komentator untuk DAZN Italia, berbicara kepada MOW Magazine, seperti dilansir media Spanyol, Motosan.

“Masalah yang dimiliki Rossi dengan traksi adalah karena dia sekarang tidak memiliki momentum yang tepat untuk ban.

Mereka (ban MotoGP sekarang) terlalu lunak untuknya, karena pembalap sekarang melaju sampai terlalu jauh di tikungan sehingga mereka tidak membebani ban.

Rossi memberi banyak tekanan di bagian belakang karena dia terlalu banyak duduk di atas motor.

Jika dia selalu menjadi satu-satunya dengan masalah ini di Yamaha, meskipun Morbidelli mengendarai motor dari dua tahun lalu.. hanya satu hal yang berubah, gaya balap,” jelasnya menambahkan.

Rossi sudah tak pernah menang balap lagi sejak seri Assen, Belanda, pertengahan 2017 lalu, dan tak pernah hadir di podium sejak Andalusia 2020, dan itu satu-satunya finis podium sepanjang tahun lalu.

Baca: Quartararo Sengaja Digagalkan Jadi Juara Dunia 2020 Karena Hal Ini?

Sejauh kompetisi 2021 ini bergulir, Rossi masih jauh dari podium dan kemenangan, bahkan hanya sempat satu kali finis di sepuluh besar. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here