Home Paddock Akhirnya Data Telemetri Motor Zarco Dibuka, Begini Penjelasannya

Akhirnya Data Telemetri Motor Zarco Dibuka, Begini Penjelasannya

Akhirnya Data Telemetri Motor Zarco Dibuka, Begini Penjelasannya
Johann Zarco (Hublot Reale Avintia Ducati) MotoGP Red Bull Ring, Austria 2020 / runganSport © MotoGP.

Avintia membuka data telemetri motor Johann Zarco setelah insiden di tikungan 2 Red Bull Ring.

Spielberg, runganSport — Pembalap Hublot Reale Avintia Ducati, Johann Zarco terlibat kecelakaan hebat rider Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli di tikungan 2 sirkuit Red Bull Ring, saat balapan MotoGP Austria berlangsung, Minggu (16/8) pekan lalu.

Motor keduanya nyaris menghantam duo Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

Balapan terpaksa dihentikan dengan Red Flag dan di re-start.

Setelah itu, ada banyak pihak yang memberikan komentar kepada rider Prancis itu, yang sayangnya membuatnya sedikit sedih.

Rossi bahkan meminta mengawal balap untuk menghukum berat Zarco karena kecelakaan itu, juga Morbidelli menyebut Zarco sebagai pembalap ‘setengah pembunuh’.

Tapi apakah Zarco benar-benar pihak yang harus disalahkan dalam insiden mengejutkan itu?

Tikungan 2 Red Bull Ring pada dasarnya dilalui dengan sangat kencang hanya dengan sedikit belokan tipis ke arah kiri, setelah itu ada belokan tajam ke kanan di tikungan tiga.

Zarco dalam usahanya menyalip Morbidelli di tikungan 2, tak berjalan mulus karena roda belakang motornya dan roda depan M1 Morbidelli mengalami kontak.

Data telemetri dari motor Zarco menunjukkan bahwa Zarco tidak mengerem seperti biasanya di titik tersebut, ia mengerem sedikit terlambat, karena memang sedang berusaha mendahului Morbidelli.

Artinya, Zarco sama sekali tak berniat melewati Morbidelli dengan lalu tiba-tiba mengerem di depan rider Italia itu, melainkan dengan terlambat mengerem guna memberi ruang untuk pesaingnya itu.

“Setelah perselisihan di Grand Prix Austria, telemetri telah menunjukkan bahwa, pada saat kecelakaan terjadi, Zarco mengerem lebih lambat di Tikungan 3 dari biasanya, jadi dari analisis ini menunjukkan bahwa tidak ada waktu untuk niatnya mengganggu pengereman Morbidelli dan menutup racing linenya,” ungkap pihak tim Avintia memberikan keterangan, sebagaimana dirilis MotoGP.

Baca: Zarco Patah Pergelangan Tangan, Terancam Absen di Styria

Pernyataan ini didasarkan pada data motor Zarco, dan dari bukti ini menunjukkan bahwa rookie Avintia itu jelas tidak sengaja menyebabkan kecelakaan, karena ia hanya berusaha untuk mendahului rider lain begitu melihat celah. (DN/eV)

23 COMMENTS

  1. Itulah resiko para pembalap, kejadian2 yg tdk terduga bs terjadi setiap saat, dan tdk ada pembalap yg ingin dan dgn sengaja membuat pembalap lawannya celaka, demikin jg dg yg dialami zarco vs morbedelli, walo nampak horor,,,,itulah balapan…..lain cerita jk posisi zarco terjadi pd VR46, apa sekejam itu cap yg akan diterima vr46? Jd yg objektif sj, toh vinales jg gk ksh komen yg kejam jg

  2. VR46 dan Morbodelli selalu menyalahkan org lain jika terlibat crash seolah-olah hanya mereka yg paling benar di motoGP.

  3. Dr awal zarco mmg ga sngaja, yg salah soal pngereman yg trlambat serta trek redbull yg bnar memaksa rider utk tancap gas sblm tikungan 3. Hrsnya rider memikirkan resiko sblm blpan bknnya setelah trjadi kclakaan.

  4. Saat race di Austria Zarco ada didepan Morbidelli, saat Morbidelli mau nyalip Zarco, terlihat Zarco agak gesér ke kanan dikit, maka nabraklah ban depan Morbidelli le ban belakang Zarco. Zarco disimpulkan salah.
    Pada race Brno, saat Zarco senggolan dengan Pol, Zarco yg disimpulkan salah…..padahal Pol masuk/gesér kedalam line lintasan nya Zarco.
    Kenapa Zarco yg selalu disalahkan…..?

  5. Selarang sy jd fan sama tu anak….keren lah dia….lihat perjuangan nya….dr tim ecek2 bs podium…memang dia hebat…..si…

  6. Memang tidak ada niat, tapi mgkn zarco tidak punya perhitungan yang sangat matang. Diruang yg sempit dan kecepatan tinggi dia menyalip.

  7. Memang tidak ada niat, tapi mgkn zarco tidak punya perhitungan yang sangat matang. Diruang yg sempit dan kecepatan tinggi dia menyalip.

  8. Kita nonton aja dech da ada yg ngatur. Yg penting moto GP seruuuu!!!!!! D atas aspal semua bisa trjd itulah yg nmx balapan😁

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here