Home Paddock Alasan MotoGP Masih Butuh Valentino Rossi

Alasan MotoGP Masih Butuh Valentino Rossi

Alasan MotoGP Masih Butuh Valentino Rossi
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) & Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) Race MotoGP Red Bull Ring, Austria 2020 / runganSport © Yamaha MotoGP.

Memang, Valentino Rossi semakin tahun semakin menurun secara startistik, tapi satu hal yang pasti; Rossi adalah MotoGP.

Le Mans, runganSport — Pembalap Italia, Valentino Rossi saat ini sudah berumur 41 tahun dan masih semangat adu kebut di lintasan balap.

Saat ini ia sedang menjalani musim terakhirnya sebagai pembalap pabrikan di tim Monster Energy Yamaha (2020).

Sudah tanpa kemenangan sejak Assen 2017 dan dalam tahun-tahun terakhir ini sudah jarang naik podium, tapi pesona Rossi tak turun sedikitpun.

Sepanjang 2019 lalu ia hanya berhasil mencetak dua podium (Argentina dan Amerika Serikat), dan sekarang di musim gila 2020 Rossi baru sekali naik podium (Andalusia).

Miskin kemenangan dan mulai jauh dari zona podium, tapi mengapa nama Rossi belum padam juga, ada banyak hal tentang MotoGP saat ini yang masih selalu dikaitkan dengan Rossi.

Bahkan penggemar MotoGP diseluruh dunia baru saja bersorak gembira sejak sepekan terakhir setelah The Doctor mengumumkan bertahan di MotoGP 2021.

Rossi akhirnya mengumumkan bahwa tim asal Malaysia, Petronas Yamaha SRT (Satelit) akan menjadi skuad terbarunya untuk mengarungi persaingan tahun mendatang.

Tak hanya penonton yang mayoritas penggemar Rossi, Dorna Sports selaku penyelenggara juga sangat lega dengan keputusan ini.

Ini semua karena sosok Rossi telah berhasil melakukan sesuatu yang hanya dapat dilakukan oleh sedikit atlet lain dengan melampaui olahraga mereka sendiri dan menjadi tokoh global.

Sebagaimana nama Michael Jordan, Wayne Gretzky, Tiger Woods, Usain Bolt, yang merupakan daftar eksklusif olahragawan tokoh arus utama, dan Rossi ada di dalamnya.

Ini dapat dibuktikan dengan melihat di hampir setiap balapan di kalender MotoGP masih ada tribun Rossi, setiap kota di dunia punya pengendara skuter yang memakai helm replika Rossi, dan usaha bisnisnya, VR46, telah menghasilkan Rp.500 miliar lebih dalam penjualan merchandising setiap tahun.

Menurut The Race, jika Anda bertanya kepada orang di jalan di negara yang tidak terobsesi dengan MotoGP, seperti Inggris, untuk menyebutkan nama pembalap sepeda motor, dan kemungkinan hanya dua yang bisa mereka sebutkan adalah Rossi dan Guy Martin.

Rossi masih menjadi tokoh utama di MotoGP kendati performa dan statistik sangat menurut dari tahun ke tahun.

Demikian juga halnya dengan kehidupan MotoGP di Indonesia, yang sudah biasa menyebut “Nonton Rossi” ketimbang “Nonton MotoGP” saat menikmati malam balapan di TV.

Atau ingat saja kelakar anak-anak muda Indonesia di jalan raya, begitu melihat ada kendaraan yang sedikit ngebut saja langsung disoraki, ‘oh.. Rossi..Rossi..’, demikian adanya sang Legenda di negara dengan antusiasme paling tinggi soal GP.

Penerus Rossi seharusnya Marc Marquez, tapi karena insiden Sepang Clash, semuanya berubah menjadi kacau.

Awalnya, penggemar Rossi dan Marquez kompak tak terpisahkan, musuh bersama utama mereka saat itu adalah rider Spanyol lainnya, Jorge Lorenzo.

Tanpa Sepang Clash, bisa saja nama Marquez akan otomatis menjadi penerus Rossi, tapi karena Malaysia 2015 tak terhindarkan, nama Marquez tidak lagi diterima oleh penggemar Rossi, bahkan sampai sekarang.

Baca: Pedrosa-Lorenzo: MotoGP Sangat Menarik Tanpa Marquez

Karena belum ada penerus yang jelas inilah, sosok Rossi masih menjadi tokoh utama penting di MotoGP, yang sekarang secara perlahan mungkin akan muncul siapa dia yang akan diterima sebagai ikon baru Grand Prix. (DN/eV)

7 COMMENTS

  1. Peraih juara banyak ratusan ribuan atau juataan org… Para pemimpin banyak ratusan ribuan atau juataan orng di seluruh dunia… Tapi hanya ada sedikit di antara mereka yang mempunyai kharisma… Di antara para pemimpin yg berkharisma seperti. Soekarno, soeharto, kadafi, saddam, yasir arafat. Dll Atau dlm tinju hanya ada nama ali dan tyson yg sll di kenang… Dlm dunia balap mobil f1 hanya ada schumaker yg mmpu menghidupkan olahraga f1… Dlm dunia motogp ya cm ada rossi yg mnjadi idola, ikon dan sangat berkharisma sll di dambakan…

  2. Sy semangat nonton motoGP dikarenakan ada VR46..dan semoga VR46 di akhir” pensiun dapat kado yg manisss..utk meraih kemenangan demi kemenangan..sukses buat VR46.
    motoGP tanpa VR46 tdk akan seruu 😎

  3. Memang betul rossi adalah legenda
    Menurut saya kenapa rossi selalu dikenang adalah waktu ketika lorenzo menjadi juara moto gp secara resmi.
    Tapi rossi memenangkan hati semua orang. (Para fans khususnya)

    Inipun adalah momen bagi saya khususnya dimana gelar itu hanyalah sebuah gelar, piala hanyalah sebuah piala kosong tapi kenangan akan seseorang tidak bisa dilupakan.

    Saya tidak membenci lorenzo, atau marquez, atau siapapun.
    Tapi semuanya tidak ada yang bisa menyamai kharisma yg rossi berikan untuk moto gp.

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here