Home Paddock Apakah ‘Sirkuit Jalan Raya’ Mandalika Aman untuk MotoGP?

Apakah ‘Sirkuit Jalan Raya’ Mandalika Aman untuk MotoGP?

Apakah 'Sirkuit Jalan Raya' Mandalika Aman untuk MotoGP?
Rancangan Desain “Sirkuit Jalan Raya” Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) Indonesi 2019 / runganSport © Crash.

Jakarta, runganSportDorna Sport selaku penyelenggara MotoGP baru-baru ini telah mengkonfirmasi bahwa kesepakatan awal dengan Indonesia telah dicapai untuk menyenggarakan seri balap MotoGP dan WorldSBK mulai tahun 2021 mendatang.

Rencananya akan berlangsung di sirkuit jalanan yang akan dibangun di kawasan wisata Mandalika di pulau Lombok, dekat dengan pulau Bali.

Tapi karena ada kata-kata ‘sirkuit jalanan’, membuat banyak orang heran, apakah balapan sekelas MotoGP aman jika menggulana sirkuit jalan raya.

Banyak orang yang membayangkan motor motogp dengan kecepatan 350km/jam di jalan raya, apa jadinya?

Pihak konsultan balapan, MRK1 Consulting, sadar bahwa ada keraguan balapan MotoGP akan berlangsung di jalan raya.

Lewat Managing Director-nya, Mark Hughes, ia menjelaskan konsep jalan raya sirkuit Mandalika yang akan digunakan oleh MotoGP dan Superbike nantinya.

“Kami sangat sadar bahwa ketika kami mengumumkan proyek inim ada banyak skeptisme mengenai konsep sirkuit jalanan,” ujar Hughes sebagaimana diberitakan Crash.

“Kami harus membuatnya sangat jelas bahwa lintasannya sudah didesain dan akan dibangun dengan standar keamanan FIM untuk MotoGP,” katanya melanjutkan.

CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta juga mengatakan bahwa MotoGP akan aman-aman saja di sirkuti jalan raya Mandalika, dan menjamin keselamatan pembalapa.

“Kami selalu mengatakan bahwa kami tidak balapan di sirkuit jalanan, tetapi ini memiliki semua fasilitas sirkuit jalan di tengah ‘kota’, dikelilingi oleh hotel, tetapi dengan keamanan penuh dan sangat aman untuk para pembalap,” jelas Ezpeleta.

Dengan kata lain, Mandalika pada dasarnya adalah sirkuit permanen, tapi akan boleh dilalui oleh kendaraan umum ketika tidak ada balapan.

Karena ada istilah “Jalan Raya”, nama itu sedikit mengecoh. (DN/eV)

NEXT: Dorna Sport Rencanakan Tes MotoGP di Indonesia Sebelum 2021