Home Paddock Bagaimana Perkembangan Sirkuit Mandalika? Ini Kata ITDC

Bagaimana Perkembangan Sirkuit Mandalika? Ini Kata ITDC

Bagamana Perkembangan Sirkuit Mandalika? Ini Kata ITDC
The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 2019 / runganSport © ITDC.

Proses perencanaan konstruksi seperti homologasi dan DED ini memang akan memakan waktu lama karena adanya standar keamanan dan standar teknis yang tinggi dari FIM dan FIA.

Spielberg, runganSport — MotoGP direncanakan kembali ke Indoneia mulai 2021 mendatang.

Di tahun-tahun sebelumnya, proyek serupa sempat dipersiapkan di Senul, Jakabaring dan beberapa tempat lain, tapi akhirnya gagal.

Sejak awal 2019 beberapa bulan lalu, muncul harapan baru di tempat baru, yakni di Kawasan The Mandalika, yang berada di Lombok Tengah, NTB.

ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk membangun sirkuit Jalan Raya di Mandalika.

Pengerjaannya baru akan dimulai akhir tahun 2019 ini, sementara untuk saat ini proses homologasi telah selesai dan sukses.

“Sahabat ITDC, satu tahapan lagi proses homologasi desain Mandalika Street Circuit yang telah kami selesaikan dalam kurun waktu dua bulan ini.

#TheMandalikaGP telah melewati proses konsultasi di Assen, Belanda, dimana tim dari ITDC bertemu kembali dengan Direktur Operasional Dorna, perwakilan anggota FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) dan beberapa mitra pembangunan Mandalika Street Circuit.

Pada pertemuan tersebut, desain sirkuit, termasuk bagian keselamatan dipresentasikan dan Center Line desain sirkuit disepakati. Ini berarti titik-titik koordinat, panjang, dan lengkung lintasan satu dengan yang lainnya seperti yang tampak pada foto di atas sudah final, satu langkah lagi terpenuhi untuk menyelesaikan desain sirkuit.

Perlu sahabat ketahui, setelah proses homologasi ini nantinya selesai, barulah kami dapat melakukan penyusunan DED (Detailed Engineering Design) atau gambar kerja yang mencakup rencana teknis, arsitektur, struktur, mekanikal, elektrikal dan tata lingkungan sebelum memulai tahapan konstruksi.

Proses perencanaan konstruksi seperti homologasi dan DED ini memang akan memakan waktu lama karena adanya standar keamanan dan standar teknis yang tinggi dari FIM dan FIA.

Proses ini akan terus berlangsung sampai konstruksi dimulai pada bulan Oktober 2019 nanti. Pantau terus perkembangannya ya!,” demikian infomasi ITDC via Instagram.

View this post on Instagram

Sahabat ITDC, satu tahapan lagi proses homologasi desain Mandalika Street Circuit yang telah kami selesaikan dalam kurun waktu dua bulan ini. #TheMandalikaGP telah melewati proses konsultasi di Assen, Belanda, dimana tim dari ITDC bertemu kembali dengan Direktur Operasional Dorna, perwakilan anggota FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) dan beberapa mitra pembangunan Mandalika Street Circuit. Pada pertemuan tersebut, desain sirkuit, termasuk bagian keselamatan dipresentasikan dan Center Line desain sirkuit disepakati. Ini berarti titik-titik koordinat, panjang, dan lengkung lintasan satu dengan yang lainnya seperti yang tampak pada foto di atas sudah final, satu langkah lagi terpenuhi untuk menyelesaikan desain sirkuit. Perlu sahabat ketahui, setelah proses homologasi ini nantinya selesai, barulah kami dapat melakukan penyusunan DED (Detailed Engineering Design) atau gambar kerja yang mencakup rencana teknis, arsitektur, struktur, mekanikal, elektrikal dan tata lingkungan sebelum memulai tahapan konstruksi. Proses perencanaan konstruksi seperti homologasi dan DED ini memang akan memakan waktu lama karena adanya standar keamanan dan standar teknis yang tinggi dari FIM dan FIA. Proses ini akan terus berlangsung sampai konstruksi dimulai pada bulan Oktober 2019 nanti. Pantau terus perkembangannya ya! #TheMandalikaGP #Roadto2021 #CreatingDestinations #ITDC #TheMandalika #SirkuitMandalika

A post shared by ITDC (@itdc_id) on

Beberapa pekan yang lalu, media asal Jerman, Speedweek sempat menyebut jika Indonesia belum akan siap menggelar balapan di 2021, tapi akan bergeser ke-2022.

Tapi ITDC sebagai pengelola The Mandalika menegaskan bahwa Indonesia optimis bisa menggelar MotoGP tepat sesuai jadwal, yakni mulai 2021 mendatang. (DN/eV)

NEXT: Duel Tikungan Akhir, Dovi vs Marquez 5-1

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here