Home Paddock Bencana! Red Bull Berencana Tinggalkan Tim Satelit KTM Tech3

Bencana! Red Bull Berencana Tinggalkan Tim Satelit KTM Tech3

Bencana! Red Bull Berencana Tinggalkan Tim Satelit KTM Tech3
Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech3) MotoGP Misano, Emilia Romagna 2020 / runganSport © MotoGP.

Red Bull tidak akan lagi menjadi sponsor KTM Tech3 mulai musim 2021 karena keadaan.

Barcelona, runganSport — Red Bull berencana meninggalkan tim KTM Tech3 sebagai sponsor utama setelah dua tahun kemitraan.

Sebenarnya berita ini mulai mencuat di paddock sejak MotoGP Styria, tapi mereka yang terlibat sejauh ini mengelak dan menutup rapat masalah tersebut.

Sementara itu, akhirnya berita ini sampai juga ke asosiasi tim, IRTA dan promotor Piala Dunia, Dorna.

Perpisahan ini sangat mengejutkan karena pda dasarnya ada kontrak tiga tahun antara pemilik tim Tech3, Herve Poncharal dan KTM hingga akhir 2021 dan ini mungkin akan diperpanjang.

Karena CEO KTM, Stefan Pierer telah setuju untuk berpartisipasi di MotoGP dari 2022 hingga 2026 dengan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dan tim pelanggan merupakan bagian integral dari rencana ini.

Miguel Oliveira memenangkan balapan di MotorGP Styria tak lama setelah keputusan Red Bull, ini merupakan kemenangan MotoGP pertama bagi tim Tech3 dalam hampir 20 tahun partisipasi di kelas utama.

Pemilik tim Poncharal tidak mau mengomentari situasi ini. “Saya tidak terlibat dalam negosiasi, itu urusannya melalui KTM,” tegas pria Prancis itu singkat, sebagaiman dilansir Speedweek.

Tahun depan KTM Tech3 akan diperkuat oleh rider Italia, Danilo Petrucci dan pembalap Spanyol, Iker Lecuona, dan mesin KTM RC16 kemungkinan besar juga akan semakin kompetitif karena pengembangan mesin akan tetap dibekukan hingga akhir 2021.

Sebagai informasi, Red Bull dan KTM sebenarnya sudah bersekutu erat di semua kejuaraan besar selama bertahun-tahun. Sejak 2003, sudah ada 122 gelar juara dunia pembalap yang mereka menangkan sama-sama sebagai mitra erat.

Juga, KTM tidak hanya semata-mata mengharapkan soal uang dengan sponsor Red Bull di Tech3.

“Karena dengan cara ini kami dapat menunjukkan bahwa Poncharal tidak menjalankan tim Satelit dengan gaya lama dan harus dengan susah payah mengumpulkan 25 sponsor kecil.

Berkat Red Bull, kami dapat menunjukkan bahwa Tech3 mendapatkan material yang setara di MotoGP dan kami bersaing sebagai satu unit dengan empat pembalp pabrikan sungguhan. Kami tidak ingin tim satelit semata,” terang Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer pada presentasi tim Tech3 pada Februari 2019 lalu.

Logo Red Bull di KTM pabrikan dan KTM satelit sebenarnya berbeda, karena Grup Red Bull memutuskan untuk mengiklankan divisi Red Bull Organics di Tech3, sebagai minuman energi dengan banyak variasi (Simply Cola, Bitter Lemon, Ginger Ale, Tonic Water, Viva Mate), juga untuk membedakan motor Tech3 dari motor pabrikan berdasarkan warnanya (llivery).

Total Red Bull beriklan di MotoGP 2020 di empat motor (pabrikan dan satelit) dan memiliki 30 persen ruang iklan di tim Repsol Honda.

Baca: Marquez: Jangan Khawatir, Kami Akan Kembali Guncang MotoGP

Ada juga sponsor pribadi dengan empat pebalap KTM Pol, Binder, Oliveira dan Lecuona serta perjanjian sponsor dengan Marc dan Alex Marquez, Stefan Bradl, Zarco, Dovi dan Nakagami. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here