Home Paddock Doohan Benarkan Pengembangan Honda Fokus ke Marquez

Doohan Benarkan Pengembangan Honda Fokus ke Marquez

Doohan Benarkan Pengembangan Honda Fokus ke Marquez
Marc Marquez (Repsol Honda) MotoGP Jerez, Spanyol 2020 / runganSport © Motorsport Images.

Mick Doohan mengatakan Honda yangfokus pada Marc Marquez bukan kesalahan, karena sudah sejak dulu Honda terkenal sebagai motor yang sulit.

Le Mans, runganSport — Honda RC213V sekarang berubah menjadi mesin yang semakin liar dan terkenal dengan reputasi sebagai motor yang sulit dikendarai di grid.

Tapi, di tangan rider Cervera, Marc Marquez, Honda seperti motor yang sangat mudah dikendarai, namun sangat mematikan bagi lawan-lawannya, data tahun lalu saja, dengan Honda Marquez sukses sapu bersih tiga gelar sekaligus meski seorang diri; pembalap, tim dan konsstruktor.

Dan di tahun 2020 ini semuanya langsung lenyab begitu sang juara bertahan absen.

Saat ini Honda sedang mengalami musim terberat dalam beberapa tahun. Apakah ini karena pabrikan Jepang itu terlalu fokus pada keinginan Marquez?

Menanggapi hal seperti ini, Legenda Grand Prix dan mantan rider asal Australia, Mick Doohan yakin bahwa Honda sama sekali tak salah meskipun pengembangan lebih fokus ke arah Marquez.

“Pada akhirnya, Honda mengembangkan motor berdasarkan keinginan Marquez. Dia pembalap tercepat dan yang memenangkan balapan dengan itu.

Dan itulah yang perlu dilakukan. Jika pembalap lain tidak bisa mengendalikan motor, itu bukan salah mereka atau salah Honda,” kata Doohan dalam wawancara dengan Motorsport-Total.

“Honda selalu menjadi motor yang sulit untuk dikendarai. Dulu, tidak semua pembalap mengerti apa arti motor itu, tapi menurut saya Honda bukanlah motor yang buruk,” tegas Doohan serius.

“Jelas motor itu dikembangkan untuk Marquez, dan itu sudah seharusnya karena dia pembalap yang dominan,” sambungnya.

Doohan menegaskan bahwa Honda memang bukan motor yang mudah dikendarai, bahkan ini sudah berlangsung sejak ia masih membalap dulu.

“Ada suatu masa ketika tujuh pebalap mengendarai Honda di lintasan, tapi hanya satu yang menang secara konsisten,” kenang Doohan, yang memberi Honda lima gelar berturut-turut.

Baca: Akhirnya Honda Menyesali Comeback Buru-buru Marquez di Andalusia

“Menurut saya Marquez benar ketika dia mengatakan bahwa motor itu tidak mudah, tapi memenangkan gelar juara dunia juga tidak mudah. ​​Dia mengerti apa yang diminta Honda untuk bisa menang,” demikian pria Australia itu. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here