Home Paddock Doohan Jelaskan Rahasia Marquez Taklukkan Honda

Doohan Jelaskan Rahasia Marquez Taklukkan Honda

Doohan Jelaskan Rahasia Marquez Taklukkan Liarnya Honda
Jorge Lorenzo vs Marc Marquez (Repsol Honda) MotoGP 2019 / runganSport © MotoGP.

Motor Honda sulit dikendarai, tapi sangat cocok dengan Marc Marquez, lalu apa kuncinya?

Madrid, runganSport — Persoalan yang masih membingungkan sejauh ini adalaha; Apakah hanya Marc Marquez yang sanggup menggeber Honda RC213V sesuka hatinya atau Honda yang membuat motor yang hanya cocok dengan gaya balap Marquez?

Mantan pembalap Repsol Honda sekaligus Legenda Grand Prix asal Australia, Mick Doohan memberikan pandangannya soal Marquez dan Honda.

Doohan adalah juara dunia lima kali dengan Repsol Honda, menyebut kalau Marquez tak perlu membuktikan dirinya dengan motor lain atau pindah ke pabrikan lain.

Karier Doohan berakhir 20 tahun yang lalu, tapi dengan lima gelar juara dunia 500cc berturut-turut, ia tetap menjadi salah satu yang terbaik dalam sejarah Grand Prix.

Total sudah menang sebanyak 54 kali, menempatkannya di posisi tiga pembalap dengan kemenangan terbanyak sepanjang masa, dibawah Valentino Rossi dan Giacomo Agostini.

Sama seperti Honda, sekarang ada Marquez yang sangat betah di tim yang sama.

Tapi apakah menurut Doohan Marquez harus pindah untuk membuktikan kemampuannya?

“Tidak, saya tidak percaya bahwa Marquez akan pindah ke pabrikan lain hanya karena harus membuktikan dirinya.

Marquez tahu tentang skillnya, jadi saya rasa kombinasi antara Marquez dan Honda akan bertahan untuk sementara waktu.

Dulu saya berkali-kali mendapat tawaran dari pabrikan lain, tapi pengabdian kepada balap ini, yang ditunjukkan Honda, saya tidak melihat tempat lain.

Saya adalah pembalap, saya ingin menang. Saya tahu seberapa cepat saya bisa berkendara, saya tidak harus membuktikannya kepada siapa pun, jadi mengapa tidak tetap bersama Honda?,” kata Doohan dalam wawancara dengan Speedweek.

“Honda saat ini mungkin tak punya satu pun pembalap yang akan dapat menggantikan Marquez, tetapi Honda adalah perusahaan yang bersemangat, mereka hanya ingin menang dan akan selalu menginginkan pembalap terbaik.

Suatu hari seseorang akan datang, tetapi saat ini Marquez ada di Honda, di dunianya sendiri, dan itu menyenangkan untuk dilihat,” sambung Doohan.

Apa hal istimewa dari seorang Marquez menurut pengamatan Doohan?

“Saya mengagumi manuver-manuver yang selalu bisa dilaluinya, dan itu karena kepercayaan dirinya, kemampuannya, dan seberapa jauh dia.

Saya biasa berlatih dengan Honda CT110 dan berkendara dengan menggunakan rem depan, saya menggunakan rem depan sampai saya hampir jatuh untuk merasakan roda bergeser.

Marquez mengendarai Honda dengan baik, dia memiringkan sikunya dan dia punya kepercayaan diri untuk menaikkan motor ketika dia harus, karena dia merasa sangat baik tentang hal itu,” terangnya.

Apa hal penting bagi pembalap untuk selalu kompetitif?

“Saat Anda menang begitu banyak dan melihat orang lain jatuh, Anda bertanya pada diri sendiri, ‘Bagaimana Anda bisa jatuh?’ Ini semua tentang keyakinan. Marquez menang dengan motor yang tidak mudah dikendarai, tapi itu cocok untuknya,” demikian Doohan.

Marquez bergabung dengan Repsol Honda di kelas utama pada musim 2013 silam, selalu menjadi juara dunia di kelas MotoGP kecuali pada musim 2015. (DN/eV)

NEXT: Hasil Race 1 WorldSBK Portugal: Rea Menang, Bautista Finis 4

9 COMMENTS

  1. Marques tdk perlu pindah ke motor lain, Honda adalah motor terbaik dan sangat nyaman buat Marques, kl pindah ke motor lain teknisinya blm tentu bisa menyeting spt teknisi Honda.

  2. Honda hanya mantap di motogp sedangkan pada ajang balapan yg lain gak mantap alias kalah aja gituh..

    • Menurut saya, Rossi itu sangat hebat, bisa juara dgn motor yg berbeda, itu baru raider hebat GX seperti (Marc) biarpun gelarnya banyak GX akan seperti Rossi

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here