Home Paddock Doohan: Marquez Bakal Kesulitan Pakai Motor Tanpa Elektronik

Doohan: Marquez Bakal Kesulitan Pakai Motor Tanpa Elektronik

Doohan: Marquez Bakal Kesulitan dengan Motor Tanpa Elektronik
Marc Marquez (Repsol Honda) MotoGP Sepang, Malaysia 2019 / runganSport © MotoGP.

Mick Doohan yakin Marc Marquez tentu sangat bisa menggunakan motor tanpa paket elektronik, tapi itu akan sulit, terutama dalam kualifikasi.

Barcelona, runganSport — Legenda GP asal Australia, Mick Doohan berbicara tentang banyaknya perbedaan motor pada eranya dulu dengan era MotoGP sekarang.

Perkembangan yang dilakukan Dorna Sport tentu sangat baik menurut Doohan, tapi bagaimana dengan pembalapnya.

Apakah pembalap sekarang yang telah terbiasa dengan elektronik akan bisa menguasai motor era 500cc dulu yang minim perangkat elektronik?

Juga masalah penggunaan ban, saat ini MotoGP dipasok oleh satu mereka, Michelin yang menggantikan Bridgestone, sementara dulu pembalap bisa menggunakan merk berbeda dari rider lainnya.

Doohan sendiri pernah menjadi juara dunia sebanyak lima kali bersama Honda, dan mengakhiri karir balapnya pada akhir musim 1999 silam.

MotoGP era sekarang jelas sangat berbeda dengan era Doohan dulu, termasuk penggunaan satu merk ban dan elektronik pada paket motor.

“Dorna memiliki visi yang baik. Itu berjalan ke arah yang benar, tapi saya ingin melihat lebih banyak pemasok ban lagi.

Michelin baik di mana-mana tapi tidak luar biasa. Ketika saya melaju, Dunlops hampir membuat perbedaan.

Sekarang mereka semua menggunakan ban yang sama. Saya akan menelepon, dan mereka akan mengirim saya yang saya butuhkan dalam balapan itu. Mungkin itu agak ekstrem,” kata Doohan memberikan komentar dalam wawancara dengan GPOne.

Saat ini sangat penting untuk menggunakan elektronik, jadi semua pembalap sudah terbiasa dengan banyak sensor dan kabel pada motor mereka.

Apakah pembalap sekarang akan sama kuatnya jika menggunakan motor tanpa paket elektronik.

“Motor saat ini luar biasa. Berapa banyak yang bisa mengendarainya tanpa elektronik?,” kata Doohan dengan nada bertanya.

Baca: Lorenzo Ungkap Rahasia Jago di Race Virtual MotoGP

“Beberapa pembalap sangat membutuhkan elektronik, dan Marquez tentu bisa melakukannya tanpa mereka (elektronik), tapi itu akan sulit, terutama dalam kualifikasi,” demikian Doohan menjelaskan. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here