Home Paddock Dorna Bicara Kondisi MotoGP Tanpa Marquez: Bosan atau Seru?

Dorna Bicara Kondisi MotoGP Tanpa Marquez: Bosan atau Seru?

Dorna Bicara Kondisi MotoGP Tanpa Marquez: Bosan atau Menarik?
Marc Marquez (Repsol Honda) MotoGP Catalunya, Spanyol 2020 / runganSport © MotoGP.

Carmelo Ezpeleta mengomentari pertengahan musim 2020 dan berbicara tentang cedera panjang Marc Marquez.

Barcelona, runganSport — Managing Director Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, mengaku awalnya sempat tak yakin bisa menggelar balapan musim 2020 ini karena wabah Corona.

Tapi setelah penundaan sekitar empat bulan, balapan akhirnya bisa terlaksana meski tanpa penonton di sirkuit.

Bahkan tak ada masalah berarti yang menghalangi jalannya kompetisi pendek 2020.

Hanya saja sudah ada kasus positif COVID-19 di lingkungan dan paddock MotoGP.

“Ketika kami mulai melihat kemungkinan untuk dapat menjalankan beberapa balapan. kami mulai bekerja untuk memahami apa situasinya dan melihat bagaimana kami dapat
melakukannya,” kata Ezpeleta sebagaimana dilansir Tuttomotoriweb.

Pada akhirnya balapan MotoGP hanya digelar di sirkuit-sirkuit di beberapa negara di Eropa demi alasan keamanan dan, bahkan jika mereka mencoba, pada akhirnya tidak mungkin menggelar balapan di benua lain.

Terlalu banyak batasan dalam hal perjalanan dan balapan ke luar Eropa akan membutuhkan banyak uang, mengingat tidak mungkin ada kehadiran penonton di tribun.

Untuk mengatur jadwal dan melaksanakannya, Dorna telah menyiapkan protokol yang sangat ketat, untuk melindungi terutama semua pembalap dan timnya, serta warga di sekitar sirkuit.

Meski MotoGP 2020 telah berjalan sesuai rencana sejauh ini, tapi ada satu pembalap yang sayangnya mengalami nasib sial dan harus absen panjang.

Dia adalah dominator tunggal kelas utama dalam beberapa musim terakhir ini, Marc Marquez (Repsol Honda), yang mengalami kecelakaan di seri pembuka, mematahkan lengan
kanannya dan harus istirahat total agar bisa sembuh.

Tanpa Marquez jelas akan sedikit mengurangi tontonan, tapi di sisi lain memungkinkan kejuaraan menjadi semakin menarik, karena tanpa Marquez balapan tidak dapat diprediksi, dan memang tidak pernah dapat diprediksi.

“Jika dia (Marquez) tidak mengambil risiko yang dia ambil dalam balapan di mana dia cedera, itu bukanlah dia,” ujar pria Spanyol itu soal karakter Marquez.

Kesalahan lain adalah comeback yang terlalu cepat hanya beberapa hari setelah operasi, yang faktanya malah semakin membuat lengannya menjadi parah.

“Jelas jika dia tahu dia akan cedera setelah operasi pertama dia tidak akan comeback di Jerez (Andalusia).

Baca: Start Ketiga, Rossi Calon Juara MotoGP Catalunya

Marquez adalah fenomena dunia balap motor dan dia mengambil resiko yang menurutnya harus dia ambil,” akui Ezpeleta menjelaskan. (DN/eV)

7 COMMENTS

  1. Seru tapi kurang kejuaraan 2020 . Juara kosong ga ada yg direbut. Marc still the good rider & He is the champions

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here