Home Paddock Dorna Sport: Sirkuit Jalan Raya Mandalika Bakal Terindah di Dunia

Dorna Sport: Sirkuit Jalan Raya Mandalika Bakal Terindah di Dunia

Dorna Sport: Sirkuit Jalan Raya Mandalika Bakal Terindah di Dunia
Abdulbar M Mansoer (Indonesia Tourism Development Corporation) & Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sports SL) Lombok, Indonesia 2019 / runganSport © Instagram/ITDC.

Sirkuit Mandalika adalah sirkuit jalan raya pertama, nantinya sirkuit ini akan menjadi ikon sirkuit jalan raya terindah di dunia,-Carmelo Ezpeleta (Dorna Sport).

Lombok, runganSportMotoGP Indonesia telah direncanakan akan kembali mulai musim 2021 mendatang.

Menyambut rencan besar tersebut, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sudah melakukan langkah persiapan dan pembangunan sirkuit.

Berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah, NTB, sirkuit jalan raya tersebut sedang dalam pembangunan, dan direncanakan akan selesai tepat waktu.

Setelah seri balap MotoGP Australia akhir pekan lalu, rombongan bos MotoGP berkesempatan meninjau langsung proses pembangunan sirkuit Mandalika.

CEO Dorna Sports SL, Carmelo Ezpeleta sangat yakin dengan penyelenggaraan MotoGP 2021, ia memastikan acara sukses dengan minat tinggi dan mendatangkan banyak penonton.

“Kita sangat optimistis MotoGP Mandalika bakal diramaikan banyak penonton,” kata Ezpeleta ketika berada di lokasi pembangunan Sirkuit Mandalika di Desa Kuta, Kabupaten
Lombok Tengah, Senin (28/10), sebagaimana diberitakan Sport Tempo.

Hal yang membuat bos MotoGP sangat yakin karena Indonesia adalah salah satu negara dengan penggemar MotoGP terbesar di dunia.

“Sirkuit Mandalika adalah sirkuit jalan raya pertama, nantinya sirkuit ini akan menjadi ikon sirkuit jalan raya terindah di dunia,” tegas Ezpeleta menambahkan.

Pihak Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer juga punya optimistis senada dengan pria Spanyol itu, bahwa gelaran MotoGP Indonesia di Mandalika akan mendatangkan banyak penonton, karena penggemar MotoGP di Indonesia sangat tinggi.

Terutama karena sirkuit Mandalika akan terintegrasi dengan komplek pariwisata.

Abdulbar yakin MotoGP Indonesia bakal lebih sukses dari MotoGP Thailand, yang sudah menggelar MotoGP sejak 2018 lalu.

Di tahun pertama MotoGP Thailand ada sebanyak 150.000 orang yang menonton langsung di sirkuit, tahun 2019 meningkat menjadi 220.000, padahal akses ke lokasi terbilang lebih jauh dari Bangkok, yang membutuhkan waktu hingga empat jam penerbangan, sedagkan Mandalika bisa ditempuh hanya 30 menit penerbangan dari Bali.

“Kami sangat yakin akan lebih banyak dibanding Thailand. Jadi, kita juga bisa bersaing dengan Thailand,” ucap Abdulbar mantap.

Sirkuit Mandalika direncanakan harus sudah bisa digunakan mulai awal 2021 mendatang, karena sebelum balapan berlangsung, telah direncanakan akan ada tes pra-musim selama tiga hari, yang menurut jadwal sementara akan berlangsung sekitar Februari. (DN/eV)

1 Komentar

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here