Home Paddock Dugaan Kecelakaan Marquez Karena Kerusakan Elektronik

Dugaan Kecelakaan Marquez Karena Kerusakan Elektronik

Dugaan Kecelakaan Marquez Karena Kerusakan Elektronik
Marc Marquez (Repsol Honda) MotoGP Jerez, Andausia 2020 / runganSport © MotoGP.

Ada kemungkinan sistem elektronik yang error pada motor menjadi penyebab Marc Marqiuez alami high-side, yang berujung patah lengan kanan.

Texas, runganSport — Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez mengalami high-side di tikungan 3 sirkuit Jerez dalam seri pemhika musim ini, yang berlangsung 19 Juli lalu.

Dalam keterangannya dan penjelasan tim, Marquez terjatuh karena kesalahan sendiri, ia terlalu percaya diri setelah melewati banyak pembalap dengan kecepatan yang baik.

Namun, ada pendapat berbeda dari insiden yang membuat sang pembalap alami patah lengan itu, yakni elektronik.

Mantan rider MotoGP asal Amerika Serikat, Colin Edwards berpendapat bahwa kecelakaan yang menimpa Marquez bisa jadi disebabkan oleh kesalahan elektronik.

“Yang saya katakan adalah ini; Saat Anda mendapat sistem pendukung, yang pada dasarnya Anda gantungkan hidup Anda di tangannya (elektronik), rasa percaya Anda lebih kepada istri Anda sendiri dalam artian tertentu,” terang Edwards dalam tulisannya di Twitter.

“Melakukan hal yang sama lap demi lap, bahkan bukan masalah. Tapi suatu saat sistem pendukung Anda juga bisa menjadi bingung. Saya biasa mengatakan ‘Sudah waktunya habis’,” sambungnya.

“Kita cek lagi soal Casey Stoner di Indianapolis, hal yang sama. Sistem pendukung punya ide berbeda, jadi bingung,” tulis Edwards dalam tweet terpisah.

Terkait pendapat ini, pihak HRC sebagaimana dilaporkan Bike Sport News telah membantah dan pernyataan Edward tidak benar dalam kasus kecelakaan Marquez.

“Tidak benar, yang jelas Marquez juga mengatakan itu karena kesalahannya sendiri,” jawab perwakilan HRC, Hector Martin.

Saat ini Marquez masih menjalani proses pemulihan panjang setelah 12 skrup yang ditanampakn pada lengannya untuk menyambung tulang humerus yang patah.

Baca: Ada 3 Balapan Beruntun MotoGP Sepanjang Agustus

Tentu ia tak akan tiba dengan kondisi 100% di balapan berikutnya di MotoGP Ceko pekan depan. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here