Home Paddock Fungsi dan Penjelasan Zona Hijau Track Limits MotoGP

Fungsi dan Penjelasan Zona Hijau Track Limits MotoGP

Fungsi dan Penjelasan Zona Hijau Track Limits MotoGP
Joan Mir (Suzuki Ecstar) vs Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) vs Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) Race MotoGP Misano, Emilia Romagna 2020 / runganSport © GP-Fever.

Kenapa harus ada zona hijau di sirkuit jika pembalap dilarang melintasinya?

Misano, runganSport — Diskusi soal track limits MotoGP kembali populer di musim 2020 ini, terutama setelah dua balapan di Red Bull Ring, dengan kasus kemenangan Jorge Martin yang dibatalkan di kelas Moto2 dan protes keras Joan Mir atas podium tiga Pol Espargaro di kelas MotoGP.

Drama melintas di zona hijau kembali heboh di MotoGP Emilia Romagna, dimana Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) merasa dirugikan setelah podium tiganya hangus.

Sekarang, Direktur Balapan MotoGP, Mike Webb menjelaskan mengapa ada zona hijau di tepi lintasan yang tak boleh dilalui pembalap?

Tapi kenapa harus ada zona hijau ini jika trotoar sudah berakhir? “Segitiga di ujung trotoar menandai ujung trotoar,” ujar Direktur Balap MotoGP, Mike Webb, kepada Motorsport-Total.

“Secara keseluruhan, intinya bukan untuk melebarkan trotoar, karena itu membuat lintasan balapan lebih cepat. Tapi kami tidak ingin memaksa pembalap mengikuti garis tidak wajar yang sebenarnya bisa jadi masalah,” sambungnya yang telah bertugas sejak musim 2012.

“Kami mencoba membuat trek menjadi lintasan yang mulus dan mengalir sehingga memungkinkan untuk memperpanjang trotoar dan tidak menimbulkan masalah keamanan. Brno adalah contoh yang jelas, finis di Misano adalah contoh lain,” seru Webb menerangkan.

Daerah yang ditandai waran jauh di sisi lintasan di beberapa titik tak boleh dilalui pembalap, jika mereka melanggar mereka akan dikenakan hukuman Long Lap Penalty dan jika mereka tak sempat melakukannya, hukuman lain berupa tambahan waktu akan diterapkan.

Baca: Rossi ke Petronas 2021, Pengumuman di MotoGP Catalunya

Sementara jika pembalap melanggar di sesi Kualifikasi, maka flying lapnya akan dibatalkan. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here