Gosip: Suzuki Mundur, Honda Borong Joan Mir dan Alex Rins?

0
3406
Gosip: Suzuki Mundur, Honda Borong Joan Mir dan Alex Rins?
Joan Mir (Suzuki Ecstar) & Alex Rins (Suzuki Ecstar) MotoGP 2020 / runganSport © Suzuki.

Honda menegaskan bahwa mereka tetap dengan rencana awal terkait pemilihan pembalap, adapun mundurnya Suzuki merupakan perkembangan tak terduga di tengah jalan.

Le Mans, runganSport — Suzuki Jepang telah mengeluarkan pernyataan resmi yang mempertegas rencana mereka untuk mengakhiri partisipasi di MotoGP setelah musim 2022 ini.

Karena itu, kedua rider mereka, Joan Mir dan Alex Rins otomatis tak punya kursi untuk musim berikutnya.

Tim Repsol Honda mengatakan mereka telah dihubungi oleh pihak keduanya, hal ini disampaikan oleh manajer tim, Alberto Puig.

Puig mengakui bahwa baik Mir maupun Rins telah menghubungi Honda setelah mendengar kabar kepergian Suzuki dari MotoGP pada akhir tahun, dan keduanya punya kesempatan bergabung dengan Honda.

“Saya pikir itu telah berubah tidak hanya untuk kami tapi untuk semua orang. Ada dua pembalap (Mir dan Rins) lagi yang tersedia (tak punya tim 2023).

Itu benar-benar tak terduga. Sesederhana itu sekarang akan ada lebih banyak pembalap dan lebih sedikit motor,” kata Puig kepada Marca, seperti dimuat Motosan.

“Jelas, ketika orang-orang ini mendapatkan berita, saya pikir mereka menghubungi semua orang.

Mereka juga akan menghubungi kami (Honda). Tentu saja, mereka akan bertanya kepada kami dan, tentu saja, kami (Honda) akan mendengarkan apa yang mereka katakan. Itu jelas,” sambung Puig.

Honda mendengar tawaran dari pihak baik Mir maupun Rins, tapi Honda menjelaskan bahwa keputusan mereka tidak dipengaruhi oleh mundurnya Suzuki.

“Sejujurnya, kebijakan kami tidak berubah sama sekali. Kami sudah memutuskan sejak lama, tahun ini kami akan melihat dan menunggu sedikit lebih lama.

Lihat pasar, renungkan kemungkinan, lihat pembalap muda, lihat pembalap yang sudah kami miliki.. tapi kami tidak akan terburu-buru untuk memutuskan.

Lalu tiba-tiba cerita ini (Suzuki mundur) muncul di Jerez, yang sangat mengejutkan semua orang.

Itu tidak akan mengubah tujuan atau konsep kita tentang apa yang kita inginkan, atau waktu untuk memutuskan.

Itu hanya dua pilihan lagi, tapi cara kami menghadapi apa yang kami inginkan tahun depan sudah direncanakan sebelum masalah Suzuki terjadi. Itu tidak mengubah strategi,” demikian tegas pria Spanyol itu.

Jadi, Honda tetap berpegang pada rencana awal mereka, sementara dengan berita mundurnya Suzuki adalah perkembangan di tengah jalan dan kini tersedia dua pembalap tanpa mootor tahun depan.

Baca: Kini Suzuki Ditinggal Sponsor di Tengah Jalan Sebelum Musim Berakhir

Menarik melihat siapakah yang akan berhasil menembus Honda tahun depan antara Mir atau Rins, atau malah keduanya, siapa yang tahu dengan banyaknya kemungkinan? (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here