Home MotoE Ini Penyebab 20 Motor Listrik MotoGP Terbakar di Jerez

Ini Penyebab 20 Motor Listrik MotoGP Terbakar di Jerez

Ini Penyebab 20 Motor Listrik MotoGP Terbakar di Jerez
Paddock Sementara (Tidak Permanen) Sirkuit Jerez, Tes pra-musim MotoE Jerez, Spanypol 2019 / runganSport © MotorSport.

Jerez, runganSport — Penyelenggara salah sat kelas kejuaraan balap baru MotoGP, MotoE telah mengkonfirmasi bahwa penyebab kebakaran di paddock Jerez yang menghancurkan sebagian besar motor listrik mereka dan berbagai macam peralatan lainnya dikarenakan arus hubungan pendek yang memicu baterai.

Proyek MotoE dihancurkan oleh api besar yang meletus sekitar tengah malam setelah hari pertama tes Jerez, Kamis (14/3) dini hari.

Baca: Tes Pra-musim MotoE, Paddock Sirkuit Jerez Kebakaran Hebat

Api kemudian menyebar dengan cepat melalui pengaturan paddock tidak permanen, lalu menghanguskan motor, stasiun pengisian daya dan peralatan paddock lain.

Panitia kemudian terpaksa membatalkan seri pembukaan balap MotoE di tahun perdananya ini, yang awalnya dijadwalkan berlangsung di Jerez pada 3-5 Mei.

Juga sisa tes pra-musim tidak bisa dilaksanakan lagi setelah banyaknya motor yang hangus terbakar.

Polisi setempat masih menyimpulkan penyelidikan mereka terhadap kebakaran tersebut, tapi telah mengumumkan kebakaran itu disebabkan oleh korsleting yang menyalakan
baterai berkepadatan tinggi yang merupakan bagian dari pengisi daya berkinerja tinggi yang digunakan di MotoE, tapi sumber hubung arus pendeknya belum dapat dikonfirmasi.

Pernyataan dari para pejabat MotoE juga menegaskan tidak ada motor listrik yang terhubung ke infrastruktur pengisian ketika kebakaran dimulai.

Akibat kebakaran besar ini, wajdal balap MotoE akan diubah dan diundur dari jadwal semula.

Tim dan penyelenggara MotoE ingin pulih dari kebakaran dan yakin semua motor dan material dapat diganti. (DN/eV)

NEXT: Hasil Lengkap Race 1 Superbike Buriram, Thailand 2019