Ini Perbedaan Tim Pabrikan dan Tim Satelit MotoGP

0
20753
Ini Perbedaan Tim Pabrikan dan Tim Satelit MotoGP
Luca Marini (Sky VR46 Avintia) vs Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) Tes Pra-musim MotoGP 2021 Losail, Qatar / runganSport © Gold & Goose.

Apa perbedaan antara tim Pabrikan dan tim Satelit di kejuaraan balap MotoGP?

Jakarta, runganSport — Kejuraaan balap roda dunia paling besar, MotoGP memiliki dua jenis tim dalam ekosistem kompetisi mereka.

Pertama tim Pabrikan dan kedua tim Satelit. Selama bertahun-tahun, perbedaan antara kedua jenis tim ini semakin menyempit, perkembangan ini bahkan berhasil membawa tim satelit memenangkan balapan, juga bisa berjuang untuk gelar juara dunia.

Tapi masing-masing pabrikan memiliki caranya sendiri dalam bekerja dengan tim satelit merea.

Pada dasarnya tim pabrikan mendapat motor pabrik dengan update sepanjang tahun, sementara tim satelit bisa mendapat motor yang sama dengan pabrik, identik secara teknis tapi tanpa ada update, paket motor seperti ini biasa disebut sebagai ‘spek-A’, juga ada motor dari tahun sebelumnya, sebut ‘spek-B’.

Spek-B lebih dua satu tahun, misalnya tim pabrikan mendapat mesin versi 2021, maka Satelit spek-B mendapat motor versi 2020.

Untuk tahun ini, hanya ada tiga pembalap yang menggunakn motor tim Satelit spek-B, sementara Satelit lainnya menggunakan spek-A.

Misalnya di tim Satelit seperti Petronas Yamaha SRT, di mana Valentino Rossi mendapat motor Spek-A dan Franco Morbidelli dengan motor Spek-B.

Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge mengatakan, meski ada perbedaan, seorang pembalap yang menggunakan motor spek-B, menurut aturan, bisa berganti ke spke-A, dengan syarat materialnya sudah disetujui.

“Ya, itu ditentukan dalam peraturan. Perubahan ini sudah kami perbolehkan sejak disetujui pada tahun 2020.

Pabrikan berhak mengubah jenis mesin atau paket aerodinamis yang digunakan pembalap, selama sudah disetujui tahun lalu,” terang Aldridge dalam wawancara MotoGP, sebagaimana diberitakan Motorcycle Sports.

Baca: Lengan Makin Mantap, Marquez Geber RC213V-S di Sirkuit Catalunya

Sekarang ini tim Satelit semakin kuat dan sudah mampu bersaing ketat melawan tim pabrikan, sebagaimana tahun lalu 8 dari total 14 balapan sepanjang tahun dimenangkan oleh tim Satelit. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here