Home Paddock ITDC Siap Jamu Tes Pra-musim MotoGP Indonesia 2021

ITDC Siap Jamu Tes Pra-musim MotoGP Indonesia 2021

ITDC Siap Jamu Tes Pra-musim MotoGP Indonesia 2021
Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) Race MotoGP Motegi, Jepang 2019 / runganSport © MotoGP.

Kemungkinan besar sirkuit Mandalika, Indonesia akan dipakai selama tiga hari (Februari) untuk tes pra-musim MotoGP 2021.

Motegi, runganSport — Saat ini pembangunan sirkuit jalan raya Mandalika, yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat sedang dalam pengerjaan awal dan ditargetkan selesai sesuai jadwal.

Paling lambat sirkit sudah bisa dipakai untuk tes dan uji coba sebelum benar-benar menggelar balapan.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok – NTB, kini mengaku sudah siap menggelar tes pra-musim MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika.

Sebelumnya, penyelenggara MotoGP (Dorna Sport) telah merilis data sementara untuk tes pra-musim, disebutkan bahwa kemungkinan besar sirkuit Mandalika akan menjadi salah satu lokasi tes sebelum musim 2021 bergulir.

“Kami siap dan sangat gembira dapat menjamu tes pra-musim MotoGP 2021 seperti yang direncanakan oleh Dorna.

Untuk itu kami akan memastikan pembangunan Sirkuit Mandalika selesai sesuai jadwal, sehingga MotoGP Mandalika dapat masuk kalender balap 2021,” kata Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer dalam rilis resminya, sebagaimana diberitakan Kontan.

Jika di awal Oktober kemarin pembangunan baru berjalan 10 persen, sekarang dipertengahan bulan, pengerjaan sudah 30 persen.

“Pengaspalan badan jalan akan dimulai pada Desember 2019, sebelum kemudian dilanjutkan dengan upgrading permukaan badan jalan menjadi lintasan balap.

Akhir tahun 2020 kami targetkan pembangunan sirkuit dapat selesai, sehingga dapat menjamu tes pra-musim 2021, yang diperkirakan berlangsung Februari atau Maret 2021 sebelum musim 2021 dimulai,” sambung Abdulbar menambahkan.

Rencananya, tes Pra-musim di Lombok nanti akan berlangsung selama 3 hari sebagaimana jadwal dari penyelenggara MotoGP.

Untuk saat ini, tes Pra-musim biasanya digelar di Valencia dan Malaysia, dulu pernah di Australia.

Kedepannya, karena seri balap akan bertambah menjadi 22 kali balap, jadwal tes akan dikurangi agar pembalap tidak terlalu terbebani dengan jadwal yang padat. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here