Kemungkinan Marquez Comeback di MotoGP Jerez Mei 2021

0
3643
Kemungkinan Marquez Comeback di MotoGP Jerez Mei 2021
Marc Marquez (Repsol Honda) MotoGP Catalunya, Spanyol 2020 / runganSport © MotoGP.

Kemungkinan Marc Marquez akan melewatkan tiga balapan awal, dan baru bisa comeback di Jerez pada Mei 2021 yang akan datang.

Berlin, runganSport — Penyelenggara MotoGP, Dorna Sports sampai sekarang belum mengeluarkan kalender resmi terbaru untuk kompetisi musim 2021.

Pada akhir musim 2020 lalu, mereka sudah mengeluarkan jadwal yang masih bersifat sementara, merujuk kondisi dunia yang masih berjibaku melawan pandemi.

Kabar buruk pertama langsung menyambar MotoGP di awal 2021 dengan batalnya tes Pra-musim di Sepang, sedianya dijadwalkan pada pertengahan Februari, namun sekarang semua pihak harus gigit jari.

Mengakali hal itu, Dorna sudah menambah dua hari tes dan semua uji coba sebelum balapan dimulai akan dialihkan ke sirkuit Losail, Qatar, mulai awal Maret mendatang.

Setelah tes Qatar, berdasarkan jadwal sementara balapan akan berlangsung di Qatar, Argentina dan Amerika Serikat.

Tapi sudah ada kemungkinan jika Argentina dan AS batal, dan kemungkinan balapan akan diadakan dua kali di Qatar dan satu kali di Portugal.

Qatar 1 sesuai dengan jadwal, Qatar 2 menjadi pengganti Argentina dan Portugal menggantikan Amerika Serikat.

Balapan baru menuju ke Jerez, Spanyol untuk seri keempat mulai Mei mendatang. Karena itu rider Repsol Honda, Marc Marquez diperkirakan baru akan mulai kembali ke atas motornya di Jerez.

Jika tanggal balapan tetap dan hanya sirkuit yang berbeda sebagai pengganti, maka Marquez akan melewatkan tiga balapan awal musim 2021.

Kemungkinan ini masih bersifat opini, senada dengan komentar penguji HRC, Stefan Bradl.

“Kalau saya benar-benar bisa ikut balapan pertama bukannya Marquez, itu akan ideal,” kata Bradl sebagaimana dimuat Speedweek.

Jika demikian, maka Bradl akan kembali sibuk mulai dari tes sampai balapan, tapi tidak akan mendadak seperti tahun lalu, dimana ia sedikit istirahat karena ikut tes dan juga menggantikan Marquez, tapi tanpa persiapan yang cukup.

“Saya tidak akan mendapat waktu istirahat yang lama selama lima bulan, sebagaimana tahun 2020 lalu, mulai tes Sepang pada Februari hingga Brno pada bulan Agustus (2020 lalu),” ujar pria Jerman itu melihat kembali awal kesibukannya tahun lalu.

Baca: Razali: Marquez Jago, Tapi Tetap Hanya Manusia Biasa

Marquez sendiri sampai sekarang masih belum jelas terkait comebacknya, karena ia fokus pada proses pemulihan. (DN/ev)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here