Mandalika Gelar MotoGP, Ini Dampaknya Bagi Lombok

0
758
Mandalika Gelar MotoGP, Ini Dampaknya Bagi Lombok
Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) vs Marc Marquez (Repsol Honda) Race MotoGP Misano, San Marino 2021 / runganSport © Twitter/MotoGP.

Gelaran MotoGP akan memberikan multiplier effect bagi perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan kesejahteraan warga di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya.

Misano, runganSport — Sirkuit Jalan Raya Mandalika sebentar lagi akan selesai sepenuhnya dibangun, yang berlokasi di Lombok Tengah, NTB.

Akan menggelar beberapa balapan internasional, salah satu yang paling penting adalah gelaran MotoGP.

Event akbar ini diyakini akan memberikan multiplier effect bagi perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan kesejahteraan warga di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya.

Menurut Anggota Komisi X DPR, Andreas Hugo Pareira, KEK Mandalika merupakan kompleks pariwisata dengan luas yang memadai dan didukung oleh segala fasilitas yang ada.

“Menurut saya Mandalika akan menjadi kawasan yang inklusif bagi masyarakat sekitar. Ada aspek multiplier effect untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat.

Sirkuit Mandalika diharapkan dapat membantu mendorong perkembangan dan promosi pariwisata di KEK Mandalika, Lombok, dan juga Indonesia.

Kehadiran Sirkuit Mandalika menjadi momentum kebangkitan di tengah pandemi COVID-19 saat ini,” kata Andreas berbicara kepada ANTARA, sebagaimana dimuat asiaone.

Salain itu, penurut pengamat sirkuit MotoGP di Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, juga diharapkan berdampak pada kemajuan ekonomi masyarakat dan budaya setempat.

Budayawan Lombok Tengah, Datu Tuan H Lalu Putria mencontohkan, pembangunan Sirkuit MotoGP akan membawa manfaat bagi semua pihak, terutama masyarakat sekitar. Ia juga menegaskan sirkuit tersebut akan menyerap banyak tenaga kerja antara lain melalui usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan jasa transportasi.

“Kalau sirkuit selesai dan kegiatan MotoGP dimulai, maka pasti SDM masyarakat bisa ambil bagian. Jadi semua pihak harus bersiap menyambut mulai sekarang,” ucapnya yakin.

Baca: Noyes Ungkap Strong Point Bagnaia yang Sulit Dikalahkan Marquez-Quartararo

MGPA menginformasikan bahwa sirkuit akan siap dipakai di akhir musim 2021 ini, dengan seri balap Superbike akan berlangsung pada November, kemudian tes Pra-musim MotoGP 2022 pada Februari dan balapan MotoGP pada Maret yang akan datang. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here