Mandalika: Hanya 15% Kapasitas Penonton untuk MotoGP Pertama

0
9978
Mandalika: Hanya 15% Kapasitas Penonton untuk MotoGP Pertama
Sirkuit Jalan Raya Mandalika, Lombok, NTB – Indonesia 2021 / runganSport © Instagram/ITDC.

Sirkuit Mandalika hanya akan menerima 15% kapasitas penonton yang diharapkan untuk acara pembukaan.

Jakarta, runganSport — Jumlah penonton untuk pembukaan World Superbike dan seri MotoGP pertama di sirkuit Mandalika, Indonesia, kemungkinan akan dibatasi sekitar 15% dari kapasitas maksimum, dengan alasan pembatasan Covid-19.

Sirkuit Jalan Raya Mandalika, yang baru dibangun di Lombok Tengah, NTB, Indonesia memiliki kapasitas maksimum hingga 188.000 penonton.

Namun untuk balapan pertama Superbike dan MotoGP, pengelola sirkuit hanya akan membuka sekitar 15 persen saja.

Berdasarkan laporan Reuters, memperkirakan Indonesia baru memvaksinasi 18% dari total 270 juta penduduk secara keseluruhan, yang artinya hanya sedikit penonton yang bisa hadir untuk seri balap WorldSBK perdana pada bulan November nanti, demikian juga untuk acara tes MotoGP (Februari) dan balapan MotoGP (Maret).

Pihak pengelola Mandalika, MGPA memperkirakan hanya 20.000 hingga 30.000 penonton atau sekitar 15% dari maksimum sirkuit akan dimungkinkan untuk menyaksikan balapan.

“Kami jelas ingin mengadakan acara yang aman untuk semua orang, dan itu pada dasarnya adalah tujuan utama kami.

Jika kita diizinkan untuk memiliki penonton di Mandalika, kita akan melihat persentase dari total kapasitas.

Dan karena kami duduk di area terbuka yang sangat luas dan lingkungan terbuka, dengan 20.000-30.000 penonton per hari berarti 15% dari kapasitas,” kata CEO MGPA, Ricky Baheramsjah, sebagaimana dimuat Crash.

“Jumlah yang sangat kecil, tapi yang terpenting adalah belajar dari sirkuit lain yang sudah mengadakan acara motorsport dengan audiens yang besar untuk melihat apa pedoman dan prosedur mereka, sehingga kami dapat menyesuaikannya dan kami bekerja dengan pemerintah.

Kami hanya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan bagi penonton untuk datang dan menonton acara World Superbike, atau acara MotoGP kedepannya,” sambung Baheramsjah.

“Sangat sulit mengadakan balapan seperti ini (di tengah pandemi), tapi kami menunggu instruksi dari pemerintah apakah diperbolehkan dengan penonton atau tidak.

Tapi yang jelas, kami dari MGPA sudah siap… treknya sudah selesai, dan fasilitas (yang tersisa) tinggal menunggu waktu saja.

Harapan kami dengan World Superbike ini bisa menjadi pemanasan untuk event-event selanjutnya seperti tes pramusim dan MotoGP Indonesia itu sendiri,” tambah Happy Harinto, yang menjabat Direktur Strategi dan Komunikasi MGPA.

Baca: MGPA: Sirkuit Mandalika Selalu Terbuka Untuk Rossi, Kapan pun Mau Balapan

Kapasitas maksimum penonton di sirkuit Mandalika ada di kisaran angka 188.000, itu sudah termasuk 50.000 kursi di tribun. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here