Home Paddock Mantan Musuh Kagum Rossi Masih Jago di Usia 40

Mantan Musuh Kagum Rossi Masih Jago di Usia 40

Mantan Musuh Kagum Rossi Masih Jago di Usia 40
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) MotoGP Silverstone, Inggris 2019 / runganSport © Yamaha MotoGP.

Sebagaimana Valentino Rossi saat ini, Max Biaggi pernah merasakan membalap di usia 40 tahun saat bertarung di kejuaraan Superbike, pasca keluar dari dari MotoGP.

Roma, runganSport — Sebelum berseteru dan menjadi rival di lintasan dengan Casey Stoner, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez, Valentino Rossi di masa lalu juga menjadi rival yang kuat bagi rekan senegaranya, Max Biaggi.

Biaggi memang memilih jalan berbeda dari Rossi, ia keluar dari MotoGP sebelum usia 40 tahun, kemudian meneruskan kariernya sebagai pembalap Superbike di usia 40 tahun.

Jadi, Biaggi sedikit tidak paham dengan kondisi Rossi saat ini, diakuinya bahwa usia memang mempengaruh pembalap dan mereka harus bekerja dua kali lipat dibanding rider-rider muda.

“Satu hal yang paling sulit diterima setelah usia tertentu, semuanya berubah, proses pemulihan cedera juga berubah dalam hal level stamina. Cara pandang soal resiko juga berbeda.

Termasuk juga kemampuan bereaksi terhadap situasi yang terjadi dengan sangat cepat, yang jelas tak sama seperti dulu lagi,” jelas Biaggi sebagaimana dimuat GPOne.

Meski menjadi pembalap di usia 40 tahun merupakan pekerjaan yang sulit, tapi pria Italia itu sangat kagum dengan semangat Rossi.

“Yang pasti hati Anda masih seperti sebelumnya, tapi kadang pikiran Anda tidak mengikutinya lagi.

Ketika Anda sudah lewat 40 tahun, artinya Anda harus bekerja dua kali lipat dibanding rider muda di level kompetisi yang sama,” akui Biaggi.

Bak roda berputar, pembalap memang ditakdirkan datang silih berganti, ada saatnya muda ada saatnya muda.

Dan pembalap-pembalap yang mulai menua pada faktanya memang harus tergusur oleh pemuda-pemuda pendatang baru.

“Balap motor adalah dunia saya, tapi masa depan milik para rider muda! Bukan begitu? Cara Anda membalap juga berubah seiring usia, bukan?,” demikian Biaggi.

Saat ini Biaggi masih sering tampil di paddock MotoGP, karena sejak awal 2019 ia resmi menurunkan tim miliknya sendiri di kelas Moto3, Max Racing Team dengan pembalap dari Spanyol. Aron Canet. (DN/eV)

NEXT: FIM Konfirmasi Portugal Tuan Rumah MotoGP Mulai 2022

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here