Home Paddock Marquez Bisa Juara Dunia dengan Tim Satelit

Marquez Bisa Juara Dunia dengan Tim Satelit

SHARE
Marquez Bisa Juara Dunia dengan Tim Satelit
Marc Marquez, Repsol Honda 2017 © ESPN MotoGP.

Brussel, runganSport — Juara dunia MotoGP tahun lalu, Marc Marquez pertama kali naik ke kelas utama pada musim 2013 silam.

Pembalap asal Spanyol itu langsung mendapat kontrak pabrikan lengkap dengan fasilitas istimewa di tim Repsol Honda, menggantikan rider Australia, Casey Stoner.

Bahkan kedatangan Marquez yang langsung bergabung ke tim pabrikan sempat menuai kontroversi, pasalnya di tahun yang sama, promotor MotoGP, Dorna Sport menghapus aturan bagi Rookie yang harus singgah di tim Satelit terlebih dahulu.

Penghapusan aturan ini disebut-sebut sebagai langkah memuluskan jalan Marquez menuju tim pabrikan.

Alhasil, Marquez berhasil menjadi juara dunia dua kali berturut-turut di dua musim perdananya, kemudian kembali menjadi juara dunia berturut-turut pada 2016 dan 2017, Marquez hanya gagal di musim 2015.

Tapi apakah Marquez mampu menjadi juara dunia jika menggunakan tim Satelit?

Manajer Tim Estrella Galicia 0,0 Marc VDS Honda, Michael Bartholemy meyakini bahwa The Baby Alien juga bisa meraih kemenangan bahkan gelar dunia meski dengan tim satelit.

“Peran pembalap membuat perbedaan sangat besar. Jika Marquez bergabung dengan Marc VDS, saya katakan ia bisa menang.

Saya sangat yakin tentang hal itu,” kata Bartholemy kepada Motorsport Total.

Bartholemy juga menjelaskan bahwa spek motor untuk skuad Honda di MotoGP semuanya hampir sama, satu-satunya yang berbebda dengan tim pabrikan hanya terletak pada sasis.

Jadi menurutnya, Marquez punya kemampuan balap yang tak dimiliki pembalap lain, karena ia begitu tangguh menggunakan Honda, sementara yang lain kerap kesulitan. (DN/vU)

NEXT: Zarco Bersyukur Sering Dihujat Rossi