Home Paddock Marquez Curang? Ini Penjelasan Repsol Honda

Marquez Curang? Ini Penjelasan Repsol Honda

Marquez Curang? Ini Penjelasan Repsol Honda
Marc Marquez (Repsol Honda) Tes Pra-musim MotoGP 2020 Sepang, Malaysia 2020 / runganSport © Twitter/Repsol Honda Team.

Nama Marc Marquez sempat disebut sebagai salah satu pembalap yang menang dan juara dunia dengan cara yang curang, bagaimana jawaban Honda dengan tudingan tersebut?

Sepang, runganSport — Beberapa waktu yang lalu mantan pembalap MotoGP asal Australia, Anthony West sempat menyebut jika pembalap Spanyol, Marc Marquez menang dengan cara curang untuk menjadi juara dunia.

Sekarang, tuduhan itu dibantah langsung oleh pihak Honda, Honda berasa keberhasilan Marquez selama ini semata-mata karena kerja keras dan bantuan tim.

“Mereka membiarkan Marquez memenangkan Moto2 dengan mencurangi ECU. Saat tim Thomas Luthi protes, mereka disuruh tutup mulut karena Spanyol butuh juara baru,” tuding West sebagaimana dimuat GPOne.

Setelah isu tersebut muncul, ada begitu banyak anggapan jika dominasi Marquez di MotoGP juga atas bantuan FIM.

Karena sejak turun di MotoGP pada 2013, Marquez selalu berhasil menjadi juara dunia kecuali di musim 2015.

Lalu bagaimana tanggapan pihak Honda tentang masalah serius ini.

“Menurut saya, komentar itu salah besar. Balapan itu untuk semua orang. Ada 22 pembalap dengan enam atau tujuh pabrikan berbeda, kami balapan dan kami bersaing satu sama lain.

Jika Honda ada di atas, itu karena usaha, tidak diberikan secara gratis,” jawab Manajer Repsol Honda Team, Alberto Puig dalam wawancara dengan detikSport.

Jadi, dominasi Marquez saat ini murni karena memang dia mampu menguasai RC213V, menjadikan paket Marquez-Honda sangat sulit ditaklukkan oleh para pesaing.

“Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap komentar tersebut, saya menyatakan sepenuhnya tidak setuju.

Sulit untuk mempercayai ada rider yang mengatakan demikian. Karena semua pembalap pasti tahu sulitnya meraih sebuah kemenangan,” tambah Puig menjelaskan.

Lalu apa rahasia sebenarnya kenapa Marquez dan Honda bisa sangat mendominasi?

“Kita semua juga tahu usaha yang dilakukan Marquez untuk meraih kemenangan. Saya belum pernah melihat pebalap lain dengan usaha sepertinya,” terang Tetsuhiro Kuwata, yang menjabat Direktur HRC.

Baca: Gosip: Terbongkar! Rossi Pakai Ban Goib, Marquez Curangi ECU

Artinya, wajar jika sekarang Marquez sangat mendominasi jika melihat usaha keras darinya dan dari tim untuk membuat motor terbaik. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here