Motor Terbaik MotoGP, Honda Ducati atau Yamaha?

1
6868
Motor Terbaik MotoGP, Honda Ducati atau Yamaha?
Yamaha YZR-M1 Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) MotoGP 2019 / runganSport © Petronas SRT.

Mana motor terbaik di MotoGP saat ini, apakah Honda, Ducati atau Yamaha? Berikut penjelasana Andrea Dovizioso

Milan, runganSport — Pembalap asal Spanyol, Marc Marquez dan tim Repsol Honda mendominasi di MotoGP, sementara Jorge Lorenzo yang menggunakan motor yang sama dengan Marquez ternyata kesulitan.

Sementara pembalap lain dengan motor bukan parbikan pun kadang bisa lebih cepat dari pembalap pabrikan.

Advertisements

Di Thailand kemarin misalnya, dua rider Yamaha naik podium, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha).

Kedua rider ini juga berada di posisi tiga teratas di semua sesi kecuali saat latihan bebas ketiga, bahkan empat rider Yamaha muncul di lima teratas dalam waktu gabungan Latihan Bebas.

Meski demikian, Andrea Dovizioso tidak mau tahu bahwa Yamaha berkembang menjadi motor terbaik di kelas MotoGP.

Lalu, mana motor terbaik MotoGP saat ini?

“Saya seorang pembalap dan saya tahu lebih banyak tentang motor ketimbang media, tapi tidak mungkin bagi saya untuk mengatakan mana motor terbaik,” kata Dovi kepada Speedweek.

Advertisements

“Saya pikir mereka yang berbicara tentang motor terbaik tidak cukup pintar. Karena tidak mungkin tahu persis motor mana yang terbaik.

Terutama karena ini selalu merupakan kombinasi antara pembalap dan motor. Motor tidak menang sendirian dan begitu juga dengan pembalap,” sambung Dovi menjelaskan.

Sebagai contoh, Marquez langsung mendominasi begitu naik ke kelas utama pada 2013 lalu, bersama Repsol Honda dia selalu berhasil menjadi juara dunia tiap musimnya, kecuali di 2015.

Tahun ini Marquez juga kembali menjadi juara dunia, tentunya dengan dominasi yang semakin meningkat.

Sedangakn Lorenzo hanya berada di urutan 14 klasemen dan penuh dengan cedera, padahal mereka menggunakan motor yang sama dengan Marquez, begitu juga dengan dua rider Satelit Honda, mereka juga kesulitan.

“Marquez mungkin adalah pembalap terbaik saat ini. Tapi motor tidak bekerja dengan Marquez, dan dengan pembalap lainnya, tapi pembalap lain tidak buruk,” ujar Dovi.

“Saya tidak tahu apakah Honda adalah motor terbaik saat ini. Mungkin ya, mungkin tidak,” serunya.

Lalu bagaimana menilai “motor terbaik di grid” menurut ‘DesmoDovi’?

“Apakah Anda berbicara tentang Yamaha dalam kasus ini atau berapa banyak orang yang berbicara tentang Ducati dalam dua tahun terakhir, saya pikir itu bodoh.”

Menilik klasemen konstruktor saat ini, jelas Honda sedang memimpin dengan 331 poin, kemudian ada Ducati dengan 254 poin dan di urutan ketiga ada Yamaha yang baru mendapat 248 poin, apakah ini bisa menjadi pertimbangan mana motor terbaik di grid saat ini? (DN/eV)

Advertisements

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here