Home Paddock Peluang Marquez Juarai MotoGP 2020 Sudah Berakhir?

Peluang Marquez Juarai MotoGP 2020 Sudah Berakhir?

Peluang Marquez Juarai MotoGP 2020 Sudah Berakhir?
Marc Marquez (Repsol Honda) MotoGP Jerez, Spanyol 2020 / runganSport © Fox Sports Australia/MotoGP.

Marc Marquez akan melewatkan seri ketiga musim 2020 ini dan belum mendapat satupun poin di papan klasemen, apakah peluangnya menjadi juara dunia telah berakhir?

Australia, runganSport — Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez terpaksa akan melewatkan seri ketiga MotoGP musim ini, yang berlangsung di Ceko, Minggu 9 Agustus, akhir pekan ini.

Ia akan digantikan oleh pembalap Jerman, Stefan Bradl, yang selama ini menjabat rider penguji HRC.

Hal ini karena plat pada lengan patah Marquez mengalami kerusakan, ia harus kembali menjalani operasi untuk memperbaikinya.

Mantan rider MotoGP asal Australia, Chris Vermeulen menjelaskan kepada Fox Sports Australia, bahwa keputusan absen Marquez sudah sangat tepat untuk kondisinya dan untuk masa depan karir balapnya.

“Mungkin dia harus melewatkan pekan ini dan melihat bagaimana dia akan menuju ke Austria akhir pekan depan, tapi itu adalah Marquez, dia adalah juara dunia… jika mereka menyatakan dia fit dan dia ingin mencoba, siapa yang akan menghentikannya?,” kata Vermeulen memberikan pendapatnya.

Kondisi semakin rumit karena Marquez berhadapan dengan jadwal yang sangat padat, ada tiga balapan beruntun sepanjang Agustus ini, Ceko, Austria dan Styria.

Jelas sekarang Marquez akan melewatkan GP Ceko, lalu bagaimana dia akan menghadapi dua balapan beruntun berikutnya?

Apakah hal ini akan menutup kesempatan rider Spanyol itu untuk gelar juara dunia MotoGP 2020.

“Tepat pada tahap ini? Tidak, itu pasti belum berakhir,” seru Vermeulen, yang percaya Marquez masih punya peluang juara dunia.

Semuanya akan tergantung juga pada pembalap lain yang bisa menang, jika ada nama lain yang berhasil menang, maka peluang Marquez masih terbuka lebar untuk kembali mengejar.

“Itu semua tergantung pada apa yang terjadi dengan pembalap lain juga, jika Quartararo yang menang dan naik podium setiap minggu, maka itu jauh lebih sulit bagi Marquez, tapi jika ada tiga atau empat pembalap yang mulai berjuang untuk gelar, maka itu akan jauh lebih mudah bagi Marquez untuk mengejar ketinggalan,” tambah pria Australia itu.

Quartararo dan Vinales adalah dua nama yang akan sulit dikejar oleh Marquez di papan klasemen, tapi masalah mesin yang melanda Yamaha bisa mengubah segalanya.

Karena Yamaha sudah menggunakan banyak mesin dalam dua seri awal adan ada beberapa yang mengalami kerusakan.

Baca: Quartararo Target Podium di MotoGP Ceko

“Ini adalah hari-hari awal untuk membuang-buang mesin, jadi itu bukan pertanda baik bagi Yamaha, ketika mereka berjuang untuk power motor dan benar-benar perlu menaikkan RPM, guna berkesempatan mengejar Honda dan Ducati di lintasan lurus,” demikian Vermeulen. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here