Home Paddock Pembalap Protes Layout Sirkuit KymiRing

Pembalap Protes Layout Sirkuit KymiRing

Pembalap Protes Layout Sirkuit KymiRing
Michele Pirro (Mission Winnow Ductai), Sylvain Guintolo (Suzuki Ecstar), Mika Kallio (Red Bull KTM Factory Racing) dan Stefan Bradl (HRC) MotoGP KymiRing, Finlandia 2019 / runganSport © Twitter/Tammy Gorali.

Sirkuit KymiRung di Finlandia menurut test rider sangat lambat di bagian tengah dan lintasan lurusnya tidak benar-benar lurus.

Silverstone, runganSport — Awal pekan ini MotoGP langsung disibukkan dengan tes di sirkuit yang baru, yakni KymiRing di Finlandia.

Tes dijadwalkan berlangsung selama dua hari, mulai Senin (19/8) sampai dengan Selasa (20/8) waktu setempat, dengan enam pembalap yang hadir dari masing-masing perwakilan test rider semua pabrikan di MotoGP.

Di hari pertama kemarin, kondisi lintasan langsung berubah menjadi basah karena hujan.

Para test rider tidak bisa optimal dan tak memanfaatkan semua waktu yang tersedia.

Selain itu, karena ini masih sirkuit yang sangat baru, bahkan belum sepenuhnya rampung, ada banyak kelukan dari para pembalap.

Umumnya masalah sirkuit secara keseluruhan, di lintasan lurusnya tidak benar-benar lurus, jadi motor masih harus sedikit belok.

Kemudian di tengah lintasan kecepatannya juga sangat lambat, ini karena ada banyak tikungan berkelok yang jauh berbeda dari kebanyakan sirkuit lainnya.

“Jadi soal lintasan, sementara semua pembalap mengakui bahwa ini adalah kunjungan pertama dan cuacanya buruk, mereka kritis terhadap layout lintasan, tapi masih ada banyak waktu untuk perbaikan,” kata Tammy Gorali di Twitternya.

“Pembalap mengatakan bahwa lintasannya lambat, dari Tikungan 5 hanya dengan gigi 1/2 menuru Pirro. Hanya ada satu titik yang bagus yakni T5, dan sisanya bermasalah karena hanya ada satu garis nyata (lintasan lurus tidak benar-benar lurus dan motor membelok),” sambungnya.

“Ada benjolan di T1 dan masalah drainase perlu diperbaiki, pembalap setuju bahwa mereka akan lebih suka jika T5 langsung mengarah ke T8 agar area lebih cepat. Saat ini sirkuitnya seperti dirancang untuk Karting karena sangat berliku-liku, tapi semuanya sangat suka dengan elevasinya,” tambah Gorali dalam tweet sambungan.

Pembalap penguji HRC, Stefan Bradl menjadi pembalap pertama yang mengalami kecelakaan di sirkuit baru ini, kejadiannya berlangsung di tikungan sebelum tikungan terakhir.

Ada enam pembalap penguji coba dari masing-masing pabrikan yang berpartisipasi dalam dua hari ini, mereka adalah Bradl (Honda), Michele Pirro (DUcati), Jonas Folger (Yamaha), Sylvain Guintoli (Suzuki) Mika Kallio (KTM) dan Bradley Smith (Aprilia).

Finlandia dijadwalkan kembali ke MotoGP tahun 2020 mendatang dengan sirkuit KymiRing ini. (DN/eV)

NEXT: Rossi Butuh Motor Lain untuk Juara Dunia ke-10

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here