Perkembangan Sirkuit Mandalika, 17 Tikungan Sudah Aspal

0
11497
Perkembangan Sirkuit Mandalika, 17 Tikungan Sudah Aspal
Sirkuit Jalan Raya Mandalika (Lombok) Nusa Tenggara Barat, MotoGP Indonesia 2021 / runganSport © Instagram/TheMandalikaGP.

Lintasan sirkuit Mandalika sudah mulai terlihat jelas dengan 17 tikungan tersambung aspal.

Jakarta, runganSport — Tahun 2020 hampir selesai dan kabar baik datang dari promotor MotoGP dan Superbike Indonesia, Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

MGPA menyampaikan bahwa mereka sangat optimis untuk menggelar balapan di tahun 2021 mendatang, terutama acara MotoGP di sirkuit jalan raya Mandalika, Lombok Tengah.

Laporan akhir tahun diunggah lewat video Instagram di akun resmi mereka, menyajikan informasi tentang perkembangan pembangunan lintasan balap 4,31 km.

Dalam video, lintasan sirkuit sudah terlihat sangat jelas meski belum bersih dan detail, ada beberapa tempat terputus karena masih dalam proses pembangunan terowongan di bawah lintasan.

Tapi, 17 tikungan sudah terlihat dari pantauan udara, ada banyak tikungan arah kanan dan sirkuit searah jarum jam.

Sepanjang lintasan ada hamparan pemandangan yang indah khas Indonesia, termasuk beberapa titik dekat pandang di dua sektor terakhir sirkuit.

Kemajuan ini tentu menjadi kabar gembira bagi penggemar Indonesia.

Sirkuit ini ditargetkan rampung pada Juni mendatang dan berharap lolos homologasi pada bulan berikutnya, agar bisa dipakai balapan antara September – Oktober 2021.

“Kami targetkan pembangunan sirkuit selesai bulan Juni dan kemudian lolos homologasi di bulan Juli,” ujar Happy Harinto, yang menjabat Direktur Strategi dan Komunikasi MGPA, sebagaimana diberitakan Bola beberapa waktu yang lalu.

Dari pihak pengelola MotoGP, Dorna Sport, tenggat waktu menang harus rampung pada Juni 2021.

Indonesia baru bisa menggelar balpan MotoGP jika pembangunan sirkuit selesai dan bisa beroperasi sesuai standar internasional, faktor lain adalah jika seri lain di Asia batal, maka Indonesia bisa menjadi pengganti.

Baca: Yakin Kalahkan Marquez, Pol Target Juara Dunia Bersama Honda

Karena sejauh ini dalam rilis kalender sementara, Indonesia hanya di posisi cadangan bersama Rusia dan Portugal. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here